Tekanan darah naik akibat kurang tidur? Simak penjelasannya

id tekanan darah,darah tinggi,kurang tidur,insomnia,tidur

Tekanan darah naik akibat kurang tidur? Simak penjelasannya

Ilustrasi - Pengukuran tekanan darah. (pixabay.com)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kurang tidur, terutama pada mereka yang berusia muda hingga paruh baya, ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya hipertensi alias tekanan darah tinggi. Risiko ini juga semakin meningkat pada wanita. Jadi, betul adanya bahwa kurang tidur bisa sebabkan tekanan darah naik.

Penjelasannya begini, saat Anda tidur, akan terjadi penurunan tekanan darah sebesar 10 hingga 20 persen dibandingkan dengan saat Anda bangun. Aktivitas saraf simpatik Anda juga akan menurun selama Anda beristirahat. Itulah yang menyebabkan tekanan darah Anda jadi lebih terkendali ketika Anda tidur dan beristirahat yang cukup.

Namun, lain ceritanya bila Anda mengalami kesulitan tidur (terutama apabila jam tidur Anda kurang dari 7 jam per hari). Gangguan ini dapat menyebabkan bagian otak tertentu jadi tidak beristirahat, termasuk saraf simpatik Anda. Hal inilah yang dapat menyebabkan tekanan darah naik. Apalagi bila hal ini terjadi secara terus-menerus.

Selain itu, tidur yang tidak nyenyak dan tidak berkualitas juga bisa meningkatkan risiko tekanan darah naik sampai menjadi hipertensi. Padahal, hipertensi bisa berakibat buruk bagi diri Anda, terutama bagi kesehatan jantung. Semakin parah hipertensi yang Anda alami, semakin tinggi pula risiko penyakit jantung yang mengintai di kemudian hari.

Kurang tidur, entah karena kesibukan ataupun karena insomnia, ternyata tidak hanya berdampak pada tekanan darah Anda saja. Terganggunya kualitas tidur juga berdampak pada produktivitas kerja Anda.

Mereka yang mengalami insomnia cenderung mengalami penurunan produktivitas kerja, sering kali menunjukkan tatapan kosong karena mengantuk dan mood jadi tidak keruan. Kurang tidur juga dapat membuat daya tahan tubuh Anda menjadi lebih lemah.

Jadi, apa pun kesibukan Anda, ada baiknya Anda tetap meluangkan waktu untuk beristirahat dan tidak memforsir diri Anda dengan begadang. Sebab semakin Anda kurang tidur, maka semakin menurun pula performa kerja Anda.