Kemenag Kalteng kirim donasi korban gempa NTB

id gempa,ntb,korban,donasi

Kemenag Kalteng kirim donasi korban gempa NTB

Kakanwil Kemenag Kalteng, Masrawan (kiri) menyerahkan penyaluran donasi untuk korban gempa NTB yang diterima oleh Kacab BRI Syariah, Harry Suryana. (Doc Kanwil Kemenag Kalteng)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kalimantan Tengah bersama Tim Tanggap Bencana Alam Kanwil Kemenag Kalteng telah mengirimkan donasi sebesar Rp301.450.000 bagi korban gempa di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Alhamdulillah untuk tahap pertama kemarin kita sudah mengirim hasil donasi sebesar Rp286.450.000 dan terakhir kita kirimkan lagi Rp15 juta. Jumlah donasi ini di luar dugaan karena kami perkirakan akan terkumpul Rp100 jutaan," kata Kakanwil Kemenag Kalteng, Masrawan, di Palangka Raya, Kamis.

Dia menerangkan, dana donai tersebut berhasil dihimpun oleh Kanwil Kemenag Kalteng beserta seluruh jajaran selama periode 5-15 Agustus.

"Dana yang kita salurkan ini dihimpun selama 10 hari dan dilakukan oleh Kanwil Kemenag Kalteng, serta seluruh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota, KUA serta dihimpun oleh seluruh kepala Madrasah se-Kalteng," katanya.

Dia menambahkan, dana donasi tersebut juga berhasil dihimpun dari bantuan para siswa di bawah asuhan kementerian agama serta bantuan masyarakat.

"Untuk penyaluran bantuan donasi ini, melalui BRI Syariah kita salurkan ke rekening Tim Tanggap Darurat Gempa NTB Kementerian Agama RI di nomor rekening 7121241697 Bank Syariah Mandiri," katanya.

Masrawan mengatakan bahwa sesuai petunjuk Kementrian Agama, saat ini pengumpulan donasi yang dilakukan Kanwil Kemenag beserta jajaran telah ditutup.

"Terima kasih pada semua pihak yang telah peduli menyisihkan sebagian rezkinya untuk membantu korban gempa Lombok. Semoga Allah SWT membalas semua infak dan sadakah yang telah dikumpulkan itu," katanya.

Menurut Masrawan donasi yang berhasil dikumpulkan tersebut merupakan bukti masyarakat Kalteng, utamanya warga Kementerian Agama memiliki rasa solidaritas dan kepekaan yang tinggi.

Pihaknya pun berharap dengan bantuan dana ini, dapat membantu korban gempa untuk menata kehidupan mereka kembali dengan baik, rumah-rumah yang runtuh dapat diperbaiki kembali, dan keperluan lainnya bisa dilakukan dengan demikian aktivitas mereka pun diharapkan cepat normal kembali.