Deklarasikan komitmen bersama, RSUD Murjani Sampit optimistis raih akreditasi paripurna

id Deklarasikan komitmen bersama, RSUD Murjani Sampit optimistis raih akreditasi paripurna,Sampit,Kotim,Supian Hadi

Deklarasikan komitmen bersama, RSUD Murjani Sampit optimistis raih akreditasi paripurna

Jajaran manajemen dan tenaga kesehatan RSUD dr Murjani Sampit berfoto bersama Bupati Kotim H Supian Hadi usai deklarasi komitmen bersama menuju akreditasi paripurna, Kamis (16/8/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Jajaran RSUD dr Murjani Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, melakukan deklarasi komitmen bersama menuju akreditasi paripurna rumah sakit tersebut.

"Kami optimistis bisa mencapai akreditasi paripurna. Deklarasi ini merupakan wujud keseriusan kami dari manajemen dan seluruh pegawai di rumah sakit ini untuk terus meningkatkan pelayanan," kata Direktur RSUD dr Murjani Sampit, dr Denny Muda Perdana di Sampit, Kamis.

Deklarasi dihadiri Bupati H Supian Hadi, Sekretaris Daerah Halikinnor yang juga Ketua Dewan Pengawas RSUD dr Murjani Sampit. Deklarasi diikuti jajaran manajemen, dokter, perawat dan perwakilan bidang lainnya.

Penilaian akreditasi RSUD dr Murjani Sampit rencananya akan dilaksanakan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) pada Oktober nanti. Persiapan sudah dilakukan dalam hal sarana dan prasarana serta peningkatan sumber daya manusia pegawai setempat.

Denny menjelaskan, akreditasi merupakan pengakuan pemerintah dalam hal kualitas pelayanan rumah sakit yang merujuk pada Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS). Manajemen RSUD dr Murjani Sampit mengusung visi dan misi menjadikan rumah sakit ini menjadi rumah sakit rujukan nasional.

Perhatian utama adalah keselamatan pasien atau `patient safety` dengan mengerahkan semua daya usaha. Tidak hanya menyembuhkan penyakit yang diderita pasien, tetapi juga mencegah munculnya penyakit lain akibat ditularkan pasien lain atau kesalahan obat.

Bupati H Supian Hadi mengapresi upaya manajemen dan seluruh jajaran RSUD dr Murjani Sampit dalam berbenah dan meningkatkan kualitas pelayanan. Supian mengakui saat ini keluhan masyarakat kepadanya terkait pelayanan rumah sakit tersebut mulai berkurang.

"Ini karena kesadaran seluruh jajaran penyelenggara rumah sakit. Akreditasi jangan jadi beban karena memang seharusnya itu yang kita lakukan dalam melayani masyarakat. Saya ingin tahun 2020 nanti Kotawaringin Timur menjadi rumah sakit terbaik dan rujukan di Kalimantan Tengah. Kita tambah jenis pelayanannya," kata Supian.

Supian meminta seluruh jajaran di RSUD dr Murjani Sampit meningkatkan kekompakan. Semua pihak harus memberikan pelayanan dengan ikhlas sehingga masyarakat merasa puas dan bangga.

Ketua Dewan Pengawas RSUD dr Murjani Sampit, Halikinnor meminta semua pihak saling mendukung. Tujuan akhir dari semua ini adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Mulai dari dokter sampai petugas kebersihan harus komitmen untuk mendukung upaya mencapai akreditas paripurna dengan memberikan pelayanan terbaik melalui bidang masing-masing," kata Halikinnor.

Halikinnor yang juga Ketua Tim Anggaran Pemeringah Kabupaten Kotawaringin Timur mengatakan, pemerintah daerah selalu berupaya memenuhi kebutuhan rumah sakit. Sudah seharusnya jajaran rumah sakit menunjukkan kinerja terbaik dengan memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat.