Penyaluran bantuan bibit ikan direncanakan pada September

id bibit ikan,dinas ketahanan pangan,pertanian,perikanan

Penyaluran bantuan bibit ikan direncanakan pada September

Kabid Perikanan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan dan Perkebunan (DKPPP) Kabupaten Barito Selatan, Jonny Ngindra.(Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan dan Perkebunan Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengatakan bantuan bibit ikan direncanakan akan disalurkan pada September 2018.

"Proses lelang pengadaannya sudah dilaksanakan, dan untuk penyaluran bantuannya paling lambat pada Minggu keempat bulan September," kata Kabid Perikanan pada DKPPP Barsel, Jonny Ngindra di Buntok, Kamis.

Sebelum disalurkan kepada penerima, pihaknya terlebih dahulu melihat kondisi cuaca, dan kondisi air.

"Kalau kondisi cuaca, dan air tidak memungkinkan akan berpengaruh pada matinya bibit yang akan disalurkan," ujar Jonny Ngindra.

Selain itu ia juga menyampaikan, pada 2018 ini, pihaknya menyalurkan bantuan bibit ikan, dan pakan kepada 177 keluarga prasejahtera di wilayah setempat.

Untuk jumlah bibit ikan yang disalurkan tersebut sebanyak 92 ribu benih ikan patin yang terdiri dari 52 ribu bibit ikan yang pengadaannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dan 40 ribu bibit ikan pengadaannya dari Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD).

"Bibit ikan patin tersebut kita salurkan kepada 177 kepala keluarga prasejahtera yang tersebar dilima kecamatan di wilayah setempat," ucap dia.

Disamping diberikan bantuan bibit ikan, mereka juga diberikan bantuan alat tangkap ikan.

"Karena selain sebagai pembudidaya, mereka juga berprofesi sebagai nelayan," demikian kata Jonny Ngindra.