Riban : Tingkatkan partisipasi pemuda dalam pembangunan

id Wali Kota Palangka Raya,Riban Satia,HUT RI 73

Riban : Tingkatkan partisipasi pemuda dalam pembangunan

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia menyerahkan bendera merah putih kepada pembawa baki saat upacara pengibaran bendera di halamam kantor wali kota Palangka Raya, Jumat (17/8/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia mengatakan peringatan Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia menjadi momentum yang tepat dalam meningkatkan partisipasi pemuda dalam pembangunan.

"Peringatan hari kemerdekaan ini mari kita gunakan untuk meningkatkan kualitas diri. Para pemuda juga harus mewarisi dan melanjutkan cita-cita pahlawan dengan berkontribusi kepada kemajuan dan pembangunan bangsa," kata Riban di Palangka Raya, Jumat.

Menurut Wali Kota Palangka Raya dua periode itu, setiap generasi mempunyai cara dan bentuk perjuangan masing-masing.

Dia mencontohkan, ide kemerdekaan Republik Indonesia adalah pembebasan dari cengkeraman penjajah merupakan bentuk perjuangan generasi terdahulu.

Namun, bentuk perjuangan generasi saat ini tak lagi harus perperang melawan penjajahan fisik melainkan perjuangan untuk memenangkan persaingan global dan perang intelektual.

"Sebelum kemerdekaan anak bangsa berjuang untuk lepas dari penjajahan dari tapi generasi sekarang ini punya perjuangannya sendiri. Perjuangan itulah yang sekarang kita sebut pembangunan. Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya tidak akan pernah berhenti melainkan terus berlanjut," katanya.
 
Pengibaran bendera merah putih peringatan Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia di halamam kantor wali kota Palangka Raya, Jumat (17/8/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Sebelumnya saat membacakan amanat Gubernur Kalteng dalam pelaksanaan Upacara pengibaran bendera merah putih di halaman Balai Kota Riban juga meminta generasi pemuda mampu meningkatkan kualitas diri.

Pada pelaksanaan upacara pengibaran bendera itu, Riban Satia bertindak sebagai Inspektur Upacara. Bertindak membacakan teks proklamasi ialah Ketua DPRD Kota Palangka Raya.

Turut mengikuti upacara pengibaran bendera itu pada pegawai dan anggota DPRD Kota Palangka Raya, unsur FKPD kota dan pelajar di kota setempat.

Sementara itu, terkait HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor mengajak segenap masyarakat untuk menyukuri kemerdekaan yang telah diwariskan para pejuang di masa lalu.

"Marilah kita jaga bersama negara Republik Indonesia ini dengan kebersamaan. Jangan saling memusuhi. Kita ini sekarang malah seperti perang di dalam negara sendiri padahal harusnya kita menghormati para pemimpin dan membuat karya yang positif," tutur Politisi PKB Kota Palangka Raya ini.