DPRD: Stabilkan harga rotan di Kotawaringin Timur

id DPRD Kotim,Alexius Esliter ,harga rotan di Kotawaringin Timur,rotan

DPRD: Stabilkan harga rotan di Kotawaringin Timur

Sekretaris Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Kalteng, Alezius Esliter (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Alexius Esliter berharap agar pemerintah kabupaten setempat bisa membantu menstabilkan harga karet dan rotan.

"Sudah beberapa tahun terakhir harga jual karet dan rotan di tingkat petani Kotawaringin Timur tidak menentu dan murah, sehingga belum bisa memberikan kesejahteraan terhadap petani," katanya di Sampit, Sabtu.

Menurut Alex, harga rotan di tingkat petani berkisar antara Rp1.000/kg hingga Rp1.500/kg. Hancurnya harga rotan di Kotawaringin Timur terjadi sejak keluarnya peraturan menteri perdagangan (Permendag) Nomor 35 Tahun 2011 tentang larangan ekspor rotan dalam bentuk bahan mentah dan setengah jadi.

Sedangkan harga karet di Kotawaringin Timur sekarang hanya Rp6.000/kg hingga Rp7.000/kg.

"Harga rotan dan karet di tingkat petani semakin tidak menentu karena dipermainkan oleh oknum pengumpul yang mencari keuntungan pribadi," terangnya.

Persoalan tersebut tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. Bupati dalam hal ini yang punya kewenangan bisa mencari solusi agar masalah harga karet dan rota stabil.

"Kasihan para petani jika tidak segera diatasi. Sampai kapan mereka harus menunggu kondisi seperti ini," ucapnya.

Petani karet maupun rotan cukup banyak. Bahkan sebagian besar mereka menggantungkan hidupnya melalui komoditas itu.

Sementara di satu sisi harga kebutuhan pokok selama ini tidak sebanding dengan penghasilan para petani. Maka dari itu pemerintah daerah harus segera mencarikan solusi untuk masalah itu.

"Jangan biarkan petani kita terpuruk. Bagaimana mereka bisa sejahtera sementara harga karet dan rotan tidak pernah stabil," tegaanya.