Sering melebihi kapasitas, RSUD Murjani Sampit bangun dua gedung baru

id Sering melebihi kapasitas, RSUD Murjani Sampit bangun dua gedung baru,Rumah Sakit,Kotim,Supian Hadi,Yudha herlambang

Sering melebihi kapasitas, RSUD Murjani Sampit bangun dua gedung baru

Pembangunan dua gedung baru RSUD dr Murjani Sampit dimulai, ditandai pemancangan tiang perdana, Sabtu (18/8/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - RSUD dr Murjani Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng, membangun dua gedung baru guna mengoptimalkan pelayanan di rumah sakit rujukan regional tersebut sehingga masyarakat makin merasa nyaman dalam berobat.

"Mudah-mudahan pembangunannya tidak ada kendala sehingga tahun 2020 nanti dua bangunan ini bisa difungsikan," kata Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD dr Murjani Sampit, dr Yudha Herlambang di Sampit, Sabtu.

Dimulainya pembangunan ini ditandai dengan pemancangan perdana oleh Bupati H Supian Hadi. Pemancangan perdana berjalan lancar serta tidak menimbulkan getaran dan kebisingan sehingga tidak mengganggu pasien.

Untuk mencegah gangguan, pihak rumah sakit sudah membentuk tim yang mengawasi agar pembangunannya tidak sampai menimbulkan suara bising dan debu berlebihan yang bisa mengganggu ketenangan dan kenyamanan pasien.

Pembangunan dua gedung baru tersebut dilaksanakan oleh PT Bina Karya dengan nilai kontrak Rp149,88 miliar. dengan waktu pengerjaan selama 600 hari. Dua bangunan itu didirikan di atas lahan seluas 21.600 meter persegi dengan formasi membentuk huruf `L`.

Pembiayaannya dilakukan dengan sistem multi years atau tahun jamak selama tiga tahun anggaran. Tahun 2018 dikucurkan Rp46 miliar, 2019 sebesar Rp53 miliar dan 2020 sekitar Rp50 miliar.

Bangunan di bagian depan didirikan lima lantai untuk pelayanan terpadu. Lantai satu dimanfaatkan untuk area parkir, lantai dua hingga empat untuk lobi poliklinik, serta lantai lima untuk ruang rawat inap VIP dan VVIP.

Sementara itu, bangunan di belakangnya didirikan empat lantai untuk pelayanan bedah sentral. Lantai satu akan dimanfaatkan untuk pelayanan radiologi dan bank darah, lantai dua untuk lobi utama instalasi gawat darurat dan laboratorium, lantai tiga untuk intensif care unit dan hemodialisa, lantai empat unit sterilisasi dan bedah sentral.

"Mudah-mudahan Maret 2020 nanti sudah bisa difungsikan. Kami terus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat," kata Yudha.

Pemerintah daerah terus mengembangkan RSUD dr Murjani Sampit. Beberapa tahun terakhir, sudah ada dua gedung baru yang megah yang dibangun, yakni untuk layanan kelas I, II dan III serta gedung pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Semua bangunan lama akan dibangun ulang secara bertahap agar tidak lagi tergenang saat musim hujan. Selain itu, penambahan gedung baru juga untuk menambah kapasitas karena jumlah kunjungan pasien terus meningkat sehingga perlu tambahan ruangan agar tidak ada lagi pasien yang sampai dirawat di selasar.

RSUD dr Murjani Sampit juga terus meningkatkan fasilitas dan kualitas pelayanan. Manajemen rumah sakit berharap bisa meraih akreditasi paripurna saat penilaian Oktober nanti sebagai pengakuan resmi dan terukur terhadap perbaikan kualitas pelayanan yang terus dilakukan.