Komunitas pelari di Sampit ikut semarakkan Asian Games

id Komunitas pelari di Sampit ikut semarakkan Asian Games,Olahraga,Kemerdekaan

Komunitas pelari di Sampit ikut semarakkan Asian Games

Sejumlah peserta berfoto di Bundaran Balanga usai lari dua kilometer memperingati HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia dan menyemarakkan Asian Games 2018, Minggu (19/8/2018). (Foto Jurnalis Warga)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Komunitas pelari di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalteng ikut menyemarakkan Asian Games 2018 dengan lari bersama-sama menyusuri sejumlah jalan di kota tersebut.

"Ini cara kawan-kawan di Sampit ini untuk ikut menyemarakkan Asian Games. Kegiatan ini sekaligus mengajak masyarakat menjalankan hidup sehat, di antaranya dengan berolahraga lari," kata Hendi, salah satu atlet lari di Sampit, Minggu.

Asian Games XVIII 2018 diresmikan oleh Presiden Jokowi di Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8) malam. Masyarakat di seluruh Indonesia ikut merasakan kemeriahannya, termasuk di Kotawaringin Timur.

Ada sekitar 100 peserta mengikuti kegiatan yang dipusatkan di Bundaran Balanga Jalan Jenderal Sudirman Sampit. Mereka umumnya merupakan penyuka olahraga lari yang tergabung dalam komunitas Amrunners Sampit, namun ada pula masyarakat umum yang ikut bergabung.

Peserta melintasi ruas jalan lingkar Utara menuju Jalan Pemuda, kemudian berbalik kembali menuju Bundaran Balanga. Jarak yang ditempuh hanya sekitar dua kilometer karena panitia mempertimbangkan banyaknya pelari pemula yang ikut kegiatan itu sehingga dikhawatirkan ada yang tidak sanggup jika jarak yang ditempuh terlalu jauh.

Sebagian peserta mengenakan pakaian dan atribut bernuansa merah - putih, sesuai warna bendera bangsa ini. Mereka kompak dalam suasana kebersamaan tanpa membeda-bedakan status dan sekat sosial lainnya.

Kegiatan ini juga sekaligus merayakan hari ulang tahun kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia. Peserta juga membawa bendera merah putih sebagai simbol kebanggaan terhadap bangsa ini.

Menurut Hendi, kegiatan ini dilaksanakan serentak hampir di seluruh daerah oleh komunitas lari. Di akhir kegiatan, mereka membuat video ucapan selamat ulang tahun hari kemerdekaan dan pelaksanaan Asian Games 2018.

"Kami senang karena makin banyak warga yang menyukai olahraga lari. Mari kita terus gaungkan masyarakat Kotawaringin Timur sehat dengan berlari dan lari sebagai gaya hidup," ujar Hendi yang menjadi motivator bagi pelari lainnya.

Pria yang belum lama ini menjuarai lomba lari tujuh kilometer memperebutkan piala Kapolda Kalimantan Tengah di Palangka Raya ini menambahkan, lari merupakan olahraga murah meriah namun sangat bermanfaat.

Olahraga ini bisa dilakukan di mana saja dan manfaatnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan.

Hendi menambahkan, tanggal 26 Agustus nanti di Sampit akan digelar lomba lari 15 kilometer yang diadakan oleh Komunitas Feat Runners. Kegiatan ini menjadi bagian untuk memasyarakatkan olahraga lari, khususnya kepada generasi muda.