Ini cara Distan Bartim untuk vaksinasi rabies ribuan anjing

id rabies,distan bartim, vaksinasi rabies

Ini cara Distan Bartim untuk vaksinasi rabies ribuan anjing

Kepala Dinas Pertanian Bartim Ir Riza Rahmadi. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) -Dinas Pertanian Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah terpaksa harus door to door ke rumah warga untuk meniadakan atau zero rabies di kabupaten berjuluk "Bumi Nansarunai - Jari Janang kalalawah" itu.

Kepala Dinas Pertanian Bartim, Riza Rahmadi menerangkan, Tim Vaksinasi Distan Bartim kini telah memberi vaksinasi rabies kepada 3.500 ekor anjing dan kini terus berlanjutkan ke 10 Kecamatan.

"Penyuntikan vaksinasi rabies sudah mulai dilakukan pada bulan Juli lalu an hingga kini sudah mencapai 3.500 ekor anjing diberikan vaksin rabies," Kata Kadistan Bartim, Riza Rahmadi dihubungi dari Taming Layang, Minggu. 

Ia menjelaskan, vaksinasi rabies sangatlah penting bagi hewan peliharaan kesayangan seperti kucing, anjing dan kera agar tidak tertular virus rabies  yang juga bisa terlular kepada manusia melalui gigitan.

Virus rabies merupakan virus berbahaya. Jika terkena virus itu, maka bisa menyebabkan kematian baik pada hewan atau pada manusia. 

"Dari sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Bartim, tim vaksinasi telah menyuntikkan vaksin rabies kepada hewan milik warga di kecamatan Dusun Timur, Kecamatan Patangkep Tutui. Kecamatan Awang dan Kecamatan Benua lima," kata Riza lagi.

Banyaknya hewan peliharaan yang berkeliaran menyusahkan tim teknis melaksanakan vaksinasi rabies. Untuk itu tim teknis melakukan jemput bola door to door untuk memberikan vaksin rabies 

Ditegaskan mantan Kadishut Bartim itu, hingga September nanti, haruslah 10 ribu hewan sudah tervaksin rabies. 

Bagi warga yang memiliki hewan peliharaan namun belum mendapatkan vaksin rabies yang bisa didapatkan dengan mengunjungi puskeswan Tamiang Layang

"Setiap hari juga ada warga yang datang  untuk menyuntikkan hewan peliharaannya. Kami nilai itu adalah warga yang memiliki kesadaran untuk mewujudkan bebas rabies tahun ini," demikian Riza Rahmadi.