Siswa Mengenal Nusantara asal Kalteng telah pulang

id SMN Kalteng,BHUN 2018, bumn hadir

Siswa Mengenal Nusantara asal Kalteng telah pulang

Sejumlah peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Kalimantan Tengah menari bersama saat acara pelepasan dan penutupan SMN Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 2018 di Yogyakarta, Minggu (19/8) malam. Program ini menjadi rangkaian BUMN Hadir Untuk Negeri di Yogyakarta yang digagas oleh PT Angkasa Pura I selaku penanggung jawab, PT Garuda Indonesia, Indonesia Re, serta PT Kliring Berjangka Indonesia itu guna mengenalkan kekayaan budaya Indonesia kepada pelajar. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Yogyakarta (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Kalimantan Tengah)Kalteng), Senin pagi, bertolak kembali ke daerah asalnya setelah mengikuti rangkaian Program BUMN Hadir Untuk Negeri di Yogyakarta sejak 11 Agustus 2018.

Para siswa berprestasi dari SMA/SMK/SLB di Kalteng itu berangkat dari Bandara Adisutjipto dengan penerbangan pukul 06.20 WIB ke Palangkaraya.

"Program SMN ini menyenangkan dan di luar dugaan kami. Kami berharap bisa terus dilanjutkan," kata Ketua Tim SMN Kalteng, Fadhil Firzatullah.

Setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan SMN di Yogyakarta, siswa SMK Negeri 2 Palangkayara ini menilai bahwa predikat kota pendidikan, kota budaya, dan pariwisata memang pantas diberikan untuk Yogyakarta. 
              
Berbagai kegiatan yang diikuti para siswa Kalteng selama sembilan hari di Yogyakarta antara lain kunjungan ke Perpustakaan Daerah Istimewa Yogyakarta, pelatihan penulisan karya ilmiah, belajar gamelan, dan membatik.

Selanjutnya mengikuti materi Bela Negara, hingga wawasan Kedirgantaraan di Kompelks TNI AU Lanud Adisutjipto Yogyakarta.

Mereka juga mendapatkan materi pengenalan proses bisnis bandara dan maskapai penerbangan di Bandara Adisutjipto dan Kantor PT Garuda Indonesia Cabang Yogyakarta, mengunjungi Universitas Gadjah Mada (UGM), serta audiensi di SMA 6 Yogyakarta.

Untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan hidup, mereka diajak ke Pantai Pelangi, Kabupaten Bantul untuk melakukan pelepasan tukik atau anak penyu.

Selain itu, ada juga kegiatan di sejumlah destinasi wisata seperti Keraton Yogyakarta, Taman Pintar, Malioboro, Lava Tour Merapi, Candu Prambanan, hingga Candi Borobudur.

SMN 2018 sebagai salah satu kegaiatan dalam Program BUMN Hadir Untuk Negeri di Yogyakarta diselenggarakan oleh PT Angkasa Pura (AP) I selaku penanggung jawab bersama tiga BUMN lainnya, yakni PT Garuda Indonesia, PT Indonesia Re, dan PT Kliring Berjangka Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pertukaran 23 Siswa berprestasi dari SMA/SMK/SLB sederajat dari Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 23 siswa Kalteng untuk saling mempelajari potensi budaya setempat serta menanamkan rasa bangga dan cinta Tanah Air sejak dini.