Messi bawa Barca tundukkan Alaves

id Messi bawa Barca tundukkan Alaves ,Barcelona,Lionel Messi

Messi bawa Barca tundukkan Alaves

Lionel Messi. (AFP)

Barcelona  (Antara News) - Juara bertahan Liga Spanyol Barcelona memulai musim baru dengan kemenangan 3-0 atas Alaves pada Sabtu. Dua gol dicetak Lionel Messi, salah satunya melalui tendangan bebas ke bawah pagar pemain yang spektakuler.

Satu gol lagi tercipta berkat tembakan melengkung dari pemain pengganti Philippe Coutinho.

Barca mendominasi pada pertandingan terakhir Liga Spanyol yang dimainkan pada Sabtu di Nou Camp yang tidak terlalu ramai namun mereka di awal pertandingan kesulitan untuk mengonversi peluang-peluang menjadi gol.

Messi sempat melepaskan sepakan tetapi bola masih membentur mistar gawang pada babak pertama dari situasi bola mati, dan Ousmane Dembele memaksa kiper tim tamu Pacheco untuk melakukan penyelamatan impresif, sedangkan Luis Suarez terlihat kurang banyak bergerak dan tidak efektif.

Pelatih Barca Ernesto Valverde memasukkan Coutinho pada awal babak kedua untuk menggantikan Nelson Semedo, menggeser Sergi Roberto dari lini tengah ke pertahanan untuk memberikan lebih banyak kreativitas bagi timnya dalam upayanya untuk membongkar pertahanan gigih klub Basque tersebut.

Barca terlihat lebih tajam dan berbahaya namun masih diperlukan momen jenius dari pencetak gol terbanyak sepanjang masa sekaligus kapten baru Messi untuk memecah kebuntuan.

Pemain Argentina itu mengejutkan Alaves dengan menggulirkan bola ke bawah pagar pemain dan masuk melewati Pacecho, mengulangi proses gol serupa saat melawan Girona pada musim lalu dan membuat publik Nou Camp bersorak kegirangan.

Itu juga merupakan gol ke-6.000 Barca yang dibukukan di Liga Spanyol.

"Saya tidak tahu ia akan menembak seperti itu, bagi kami merupakan hal yang spektakuler bahwa ia memiliki rentang opsi-opsi seperti itu," kata gelandang Barca Segio Busquets.

"Terkadang di pertandingan-pertandingan seperti ini Anda harus menunggu Leo untuk bergerak dan melakukannya," tambah Sergi Roberto.

"Pada kesempatan pertama sepakannya membentur mistar gawang, pada kesempatan kedua, gol ke-6.000."

Coutinho mengamankan raihan tiga poin, menyelesaikan pergerakan bola yang mulus dengan menggiring bola menuju kotak penalti dan melepaskan sepakan melengkung yang berbuah gol.

Namun Messi, pencetak gol terbanyak Liga Spanyol musim lalu dengan 34 gol, yang memiliki kata-kata terakhir, menguasai umpan silang dari Suarez dengan dadanya dan mengatasi seorang pemain bertahan sebelum memasukkan bola ke sudut dekat melalui sepakan terakhir di pertandingan ini.

Barca bergabung dengan Levante dan Real Sociedad yang mengoleksi tiga poin di puncak klasemen, sedangkan Real Madrid akan menjamu Getafe pada Minggu, dan Atletico Madrid berkunjung ke markas Valencia pada Senin.

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal pada Sabtu, Real Sociedad memaksimalkan dua kesalahan di pertahanan untuk bangkit dari ketinggalan dan menang 2-1 di markas Villarreal, yang melihat Santi Cazorla melakukan penampilan kompetitif pertamanya sejak Oktober 2016 setelah pulih dari cedera kaki serius.

Celta Vigo ditahan imbang 1-1 Espanyol, sedangkan pada Jumat Levante memberikan kejutan dengan menang 3-0 di markas Real Betis.