Pemkab Lamandau terus sosialisasikan sekolah ramah anak

id kabupaten lamandau,ramah anak di lamandau,lamandau ramah anak,lamandau kota layak anak 2018

Pemkab Lamandau terus sosialisasikan sekolah ramah anak

Sekda Kabupaten Lamandau, Arifin LP Umbing. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq).

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah, terus berupaya mengembangkan program-program melalui pembentukan lingkungan ramah anak dengan melaksanakan beberapa kegiatan sosialisasi.

Pemerintah daerah sangat mendukung program yang diluncurkan oleh Pemerintah Pusat, kata Penjabat (Pj) Bupati Lamandau, Katma F Dirun, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) setempat Arifin LP Umbing, di Nanga Bulik, Selasa. 

"Pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA) ini tujuannya untuk membangun inisiatif pemerintah daerah maupun Kota yang mengarah pada upaya transformasi konsep ke dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak untuk anak," ucapnya.

Ditambahkannya, semula hanya ada beberapa kabupaten/kota yang tergerak dan terlibat dalam program KLA ini, akan tetapi seiring dengan waktu munculnya kebutuhan dan inisiatif, diantaranya Kabupaten Lamandau yang menginisiasi KLA sejak tahun 2014 yang lalu. 

"Setiap anak memiliki hak untuk hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi dengan wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan kekerasan dan diskriminasi," jelasnya. 

Semoga anak-anak di kabupaten yang berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini dapat bertumbuh menjadi anak yang soleh serta berbudi pekerti yang luhur. 

Upaya pemerintah daerah dalam memenuhi indikator KLA diharapkan kepada jajaran Dinas pendidikan dan kebudayaan, Kepala sekolah, tenaga pendidik serta seluruh siswa agar supaya sungguh-sungguh mewujudkan sekolah ramah anak. 

"Kesadaran serta peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha dan pemerintah daerah untuk menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk mewujudkan peningkatan dan tumbuh kembang terhadap anak," demikian Arifin.