DKPP Palangka Raya temukan sapi tak layak untuk kurban

id Sapi Kurban,DKPP Palangka Raya temukan sapi tak layak untuk kurban,Idul Adha

DKPP Palangka Raya temukan sapi tak layak untuk kurban

Ilustrasi - Sapi. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah menemukan sapi yang dijual pedagang, tidak layak dijadikan hewan kurban.

"Pada pemeriksaan yang kami lakukan selama tiga hari, mendapati lima sapi tak layak dijadikan sebagai hewan kurban," kata Kabid Kesehatan Hewan dan Masyarakat Verteriner DKPP Kota Palangka Raya, Sumardi, Selasa.

Kelima sapi tersebut ada yang patah kaki, mengalami cacat bawaan, postur kurus dan terindikasi cacingan. Untuk itu kelima sapi tersebut direkomendasikan tak dijadikan sebagai hewan kurban.

Pihaknya juga menemukan sejumlah hewan kurban mengalami sakit seperti sakit mata dan sakit kulit.

"Untuk yang sakit tersebut sudah kami berikan obat. Namun jika sampai hari H Idul Adha belum sembuh juga tidak kami rekomendasikan untuk kurban," katanya.

Selama tiga hari DKPP "Kota Cantik" berhasil memeriksa 1.262 sapi kurban baik yang disiapkan pemerintah kota maupun yang dijual pedagang.

"Kami juga telah memeriksa total 241 kambing. Bagi yang dinilai layan dijadikan kurban maka akan diberikan tanda berupa peneng. Sementara yang tidak layak tidak ada tanya yang kami berikan," katanya.

Pemeriksaan agar hewan kurban tersebut bertujuan agar hewan yang dijual memenuhi syarat sah kurban baik dari segi kesehatan, kondisi fisik maupun usia, sehingga memenuhi kriteria aman, sehat, utuh, dan halal (ASUH).

Pemeriksaan kesehatan hewan kurban itu sendiri dilaksanakan di seluruh wilayah Kota Palangka Raya baik di wilayah kota maupun di wilayah pinggiran.