Petugas pengelolaan barang daerah diminta lebih profesional

id dprd barsel,pengelolaan barang daerah,profesional

Petugas pengelolaan barang daerah diminta lebih profesional

Ketua Komisi II DPRD Barito Selatan, Ideham. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah Ideham mengatakan, pengelolaan barang daerah harus terus diperbaiki dengan cara profesional, dan akuntabel.

"Dalam pengelolaan pembukuan, inventarisasi, dan pelaporannya harus dilakukan dengan tertib, baik, dan benar. Hal ini harus terus menerus diterapkan dengan petugas yang makin profesional," katanya, di Buntok, Kamis.

Menurut dia, barang milik daerah dibeli dari beban Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) atau perolehan lainnya sehingga harus betul-betul dikelola dengan baik, dan profesional.

"Karena barang milik daerah ini dipergunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat di daerah ini," ucap ketua komisi II DPRD Barito Selatan itu.

Untuk itu, ia sangat mengapresiasi karena beberapa waktu lalu telah dilaksanakan kegiatan pembekalan bagi petugas pengelolaan barang daerah.

"Sebab, tujuan dari pembekalan tersebut untuk menyamakan persepsi antara metode yang dipakai dalam proses inventarisasi dengan teknis pengerjaan verifikasi data pada masing-masing perangkat daerah," tambah Ideham.

Dengan demikian, lanjut dia, maka semua aset daerah akan bisa terdata dengan baik, benar, dan "up to date".

Selain itu ia juga mengapresiasi kepada seluruh pengurus barang perangkat daerah sehingga Barito Selatan meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) pada 2018 ini.

"Kita berharap semangat kerja ini dapat terus dipertahankan agar opini yang sudah diraih bisa terus dipertahankan," ucapnya.