Seluas 10 hektare dibuka lokasi penangkaran benih jagung

id Jagung,bibit,penangkaran,hybrida

Seluas 10 hektare dibuka lokasi penangkaran benih jagung

Dinas Pertanian Barito Utara dan BPTP melakulan sosialisasi rencana pembuatan lokasi penangkaran jagung hybrida di sejumlah desa di Kecamatan Teweh Timur, pekan lalu. (Ist)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah membuat lokasi penangkaran benih jagung hybrida untuk pengembangan tanaman komoditi menjadi bibit unggul tersebut di daerah setempat.

"Lokasi penangkaran benih jagung itu nanti masih diverifikasi, namun dilaksanakan dalam waktu dekat ini juga," kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara, Setia Budi di Muara Teweh, Kamis.

Menurut Budi, pihaknya sudah melakukan sosialisasi rencana membuat penangkaran jagung ini dengan melibatkan 36 kelompok tani di Desa Liju, Jamut, Mampuak I dan Mampuak II di Kecamatan Teweh Timur.

Dalam penangkaran ini nanti dilakukan petani di sejumlah desa dengan didampingi petugas pertanian serta melibatkan pihak dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP).

"Untuk tahap pertama akan dibuka lokasi penangkaran seluas 10 hektare," katanya.

Budi mengatakan tanaman jagung di Barito Utara merupakan salah satu komoditi unggulan daerah, terus dikembangkan juga areal diperluas sesuai dengan harapan masyarakat, program tanaman jagung komoditi kedua setelah tanaman padi.

Kabupaten Barito Utara memang dikenal luas sebagai salah satu kabupaten penghasil jagung hybrida yang ada di Kalteng maupun Kalimantan Selatan. Luas tanaman jagung sendiri tahun 2018 di Kabupaten Barito Utara seluas 16.150 hektare.

"Dengan areal tanaman jagung semakin luas maka perekonomian masyarakat juga diharapkan lebih meningkat," ucap Budi.

Produksi jagung dari Barito Utara merupakan salah satu daerah penghasil jagung terbanyak yang menjual ke pabrik pengolahan pakan di Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut, Kalsel.

"Bahkan tanaman jagung ini membuat sejumlah kabupaten di Kalteng lainnya melakukan studi banding ke daerah ini untuk mencontoh pengembangan jagung diantaranya Kabupaten Gunung Mas," ujarnya.