Ini besaran kenaikan tunjangan khusus dokter umum di Barut

id Ini besaran kenaikan tunjangan khusus dokter umum di Barut,Sekda Barut Jainal Abidin, tunjangan khusus dokter umum

Ini besaran kenaikan tunjangan khusus dokter umum di Barut

Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara (Barut), Jainal Abidin. (Ist)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah berupaya untuk menaikan tunjangan daerah khususnya bagi dokter umum yang bertugas di daerah tersebut.

"Kenaikan tunjangan khusus dokter umum ini guna menyesuaikan nilai tunjangan dengan kabupaten lain di Kalteng," kata Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara (Barut) Jainal Abidin di Muara Teweh, Jumat.

Menurut Jainal tunjangan daerah kriteria bagi dokter umum di Barut saat ini sebesar Rp5 juta dan untuk honornya sebesar Rp2,5 juta.

Berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan, di beberapa daerah sudah mulai menaikan tunjangan Daerah kriteria khusus untuk dokter umum menjadi Rp8 juta, sementara untuk honornya masih sama Rp2,5 juta.

"Jadi akan kita pikirkan untuk tunjangan daerah kriteria khusus dokter umum ini, agar sama seperti kabupaten-kabupaten sekitar," katanya.

Jainal mengatakan sedangkan dokter spesialis yang ada bertugas di Kabupaten Barito Utara untuk honor dan tunjangan tidak mengalami kenaikan, sebab untuk honor dan tunjangan dokter sepecialis di daerah ini sudah di atas Buntok Kabupaten Barito Selatan dan Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh, Pemkab Barito Utara juga melakukan kontrak dengan seorang dokter spesialis anastesi untuk mengisi kekosongan sepecialis tersebut di rumah sakit.

"Dokter tersebut pernah bekerja di rumah sakit swasta dengan pengalaman 15 tahun akan dikontrak selama tiga tahun mulai tanggal 1 Agustus 2018," ujar Jainal.