Kerajinan khas Dayak ikut isi pameran di ajang Asian Games

id kerajinan dayak,asian games,suku dayak

Kerajinan khas Dayak ikut isi pameran di ajang Asian Games

Kerajinan tangan khas Kapuas Hulu yang mengisi stand Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat pada Asian Games Jakarta - Palembang. (Istimewa)

Putussibau, Kalbar (Antaranews Kalteng) - Sejumlah kerajinan tangan asal Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantam Barat turut mengisi stand pameran pada Asian Games 2019 di Jakarta - Palembang, Sumatera Selatan.

"Kerajinan tangan Kapuas Hulu banyak diminati seperti gelang tangan, dan sejumlah aksesori khas suku Dayak Kapuas Hulu," kata pemilik Kerawing Gallery Kapuas Hulu, Franciska Mening, menghubungi Antara, Senin.

Dijelaskan Franciska, sejumlah kerajinan tangan asal Kapuas Hulu itu turut serta mengisi stand pameran Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat.

Menurut dia, stand pameran kerajinan tangan asal Kapuas Hulu itu ramai didatangi pengunjung yang juga membeli sejumlah kerajinan tangan seperti gelang yang terbuat dari alam, manik - manik serta kain bermotifkan khas Suku Dayak Kapuas Hulu.

"Untuk biaya selama pameran saya sendiri, yang difasilitasi hanya stand dari Dinas Pariwisata Kalimantan Barat," kata Franciska.

Dia mengatakan melalui kerajinan tangan itu dapat diromosikan seni budaya daerah, sehingga tidak hanya berbicara keuntungan dan sebagainya, namun juga keterpanggilan untuk turut serta mempromosikan potensi seni dan budaya Kapuas Hulu ke mata dunia.

"Tentu melalui kerajinan khas Kapuas Hulu itu dapat mempromosikan seni budaya kita juga," ucap Franciska. Kerawing Gallery Kapuas Hulu menjual berbagai aksesoris serta kerajinan tangan khas Suku Dayak Kapuas Hulu yang selalu tampil dalam kegiatan-kegiatan tingkat nasional.