Tujuan Pemkab Barut susun masterplan TIK

id Masterplan TIK,susun,pemkab barut

Tujuan Pemkab Barut susun masterplan TIK

Diskominfo Barito Utara bersama pemenang lelang penyusunan masterplan/blueprint, pengembangan tata kelola TIK di aula Setda Lantai II, di Muara Teweh, Senin. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah melakukan penyusunan masterplan atau blueprint untuk pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pemerintah daerah setempat.

"Penyusunan masterplan TIK sebagai konsekuensi MoU Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian bersama Komisi Pemberantasan Korupsi belum lama ini," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Barito Utara (Barut) M Iman Topik di Muara Teweh, Senin.

Menurut Topik, pihaknya telah melakukan pertemuan dan perkenalan dengan PT WINS selaku pemenang lelang penyusunan masterplan tersebut.

Proses lelang yang dilakukan saat ini merupakan yang ketiga kalinya, sehingga menemukan pemenang yang telah diseleksi dan disetujui oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP).

"Kita harapkan menghasilkan masterplan TIK Kabupaten Barito Utara selama 5 tahun mulai 2018-2022 sebagai dasar rencana strategis TIK kabupaten setempat," kata Topik.

Secara terpisah Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengatakan dengan disusunnya masterplan tata kelola TIK Kabupaten Barito Utara, diharapkan akan tercipta tata kelola pemerintah yang baik (good goverment).

"Diharapkan semua perangkat daerah agar dapat mensupport penyusunan TIK dengan memberikan data yang valid untuk PT WINS dalam menyusun kebutuhan terkait tata kelola TIK Kabupaten Barito Utara," ujar Nadalsyah.

Komisaris PT WINS, Anto mengatakan bahwa dalam penyusunan masterplan akan mempelajari profile, kondisi eksisting, dan menjabarkan kebutuhan TIK Kabupaten Barito Utara.

"Hal ini untuk menentukan skala prioritas TIK Kabupaten Barito Utara dan juga akan membuat penentuan model tata kelola TIK," kata dia.

PT WINS direncanakan akan memulai penyusunan masterplan awal bulan September 2018.