Banyak pembangunan telah dicapai Bartim di usia 16 tahun

id pj bupati bartim, ketut widhie

Banyak pembangunan telah dicapai Bartim di usia 16 tahun

Pj Bupati Bartim, H Ketut Widhie Wirawan (paling kanan) duduk bersama Wagub Kalteng H Said Ismail, Danrem 102 Panju Panjung Kolonel Hartoyo dan Wakapolres Bartim Kompol Arman Muis dalam perayaan HUT Bartik ke-16 tahun di Tamiang Layang. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Pejabat Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, H Ketut Widhie mengatakan, telah banyak pembangunan yang dicapai hingga usia kabupaten Bartim ke-16 tahun, diantaranya di sektor ekonomi yang berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“"Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pertumbuhan berbagai sektor dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) yang mendominasi struktur perekonomian di Kabupaten Bartim,"kata Pj Bupati Bartim di Tamiang Layang, Rabu.

Dirincikan Ketut, pada pertambangan dan penggalian tumbuh dengan 38,01 persen, sektor pertanian, kehutanan dan perikanan  sebanyak 18,90 persen dan kontruksi sebesar 7,85 persen. Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bartim sebesar 5,50 persen pada tahun 2017 dan angka pengangguran di Bartim berada pada 2,14 persen.

Di bidang pertanian, Kabupaten Bartim berhasil sebagai daerah surplus beras dan merupakan penghasil beras ke-4 terbesar di Kalimantan Tengah dengan jumlah produksi sebesar 27.426 ton, setelah Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau dan Katingan,.

Sedangkan di bidang investasi, ada 112 perusahaan pertambangan batubara yang diberikan izin usaha dan diantaranya ada 6 perusahaan pertambangan dan satu perusahaan tambang pasir kuarsa yang saat ini aktif. Investasi juga ada di bidang perusahaan sawit yakni 11 perusahaan dan ada 6 PBS yang operasional.

"Pembangunan di sektor ekonomi tersebut sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat. Pembangunan ini akan dipelihara dengan baik dan ditingkatkan lagi guna mensejahterakan masyarakat," katanya.

Ketut berharap, pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bartim mendapatkan dukungan dari masyarakat agar pembangunan bisa berjalan pesat lagi guna mencapai tujuan Kabupaten Bartim yakni Jari Janang Kalalawah atau Menjadi Jaya Selamanya.