Delapan Bupati dilantik 20 September, Wali Kota 20 Desember

id pelantikan bupati ,kalimantan tengah,wali kota palangka raya dilantik 20 desember 2018,pelantikan wali kota palangka raya

Delapan Bupati dilantik 20 September, Wali Kota 20 Desember

Penjabat Sekda Kalteng Fahrizal Fitri. (Foto AntaraKalteng/Jaya W Manurung)

Palangka Raya (Antara) - Pemerintah Provinsi dan sejumlah kabupaten/kota di Kalimantan Tengah berharap, pelantikan Bupati dan Wali Kota terpilih di Pilkada 2018 beberapa waktu lalu, dapat mengalami perubahan dari jadwal yang telah disusun Kementerian Dalam Negeri.

Penjabat Sekda Kalteng Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Jumat, mengatakan, menurut jadwal yang telah ditetapkan, pelantikan Bupati/Wali Kota untuk tahap pertama dilaksanakan 20 September 2018, dan tahap kedua 20 Desember 2018.

"Memang ada wacana beberapa daerah mengusulkan perubahan jadwal pelantikan. Ada yang mengusulkan pelantikan tahap satu berubah jadi tanggal 23 atau 25 September 2018. Tapi, itu baru wacana dan usulan, belum ada arahan baru lagi dari Kemendagri," tambahnya.

Dalam Pilkada serentak tahun 2018, ada 10 kabupaten dan satu kota di Kalteng yang melaksanakannya. Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan Kemendagri, pelantikan tahap pertama akan dilaksanakan 20 September 2018 yakni Bupati Sukamara, Lamandau, Seruyan, Pulang Pisau, Kapuas, Katingan, Barito Timur dan Murung Raya.

Sedangkan untuk pelantikan tahap kedua yang dilaksanakan 20 Desember 2018 yakni Bupati Barito Utara dan Wali Kota Palangka Raya.

"Saat ini Pelantikan Bupati/Wali Kota tersebut sudah diusulkan ke Kemendagri. Selanjutnya kita akan menunggu. Namun secara jadwal, akan ditetapkan, bawa tahap pertama ini akan dilantik pada 20 September 2018," kata Fahrizal.

Sementara itu, Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Kalteng Akhmad Husain menyatakan, untuk prosesi pelantikan tahap pertama dan kedua, akan dilaksanakan di ibukota Provinsi Kalteng, dan yang melantik adalah Gubernur Sugianto Sabran mewakili Mendagri.

"Kami sudah melakukan berbagai persiapan untuk prosesi pelantikan itu. Sudah tidak ada masalah. Tinggal menunggu waktunya. Nama-nama Bupati/Wali Kota terpilih pun sudah diusulkan ke Kemendagri," demikian Husain.