Demi peningkatan pelayanan Polres dorong pendirian samsat di kecamatan

id Polres Seruyan,Kuala Pembuang,Kabupaten Seruyan,Samsat Kecamatan

Demi peningkatan pelayanan Polres dorong pendirian samsat di kecamatan

Satuan Lalu Lintas Polres Seruyan, Kalimantan Tengah saat melaksanakan Operasi Patuh Telabang 2018 di wilayah Kuala Pembuang, beberapa waktu lalu. (Istimewa)

Kuala Pembuang, (Antaranews Kalteng) - Kepolisian Resor Seruyan, Kalimantan Tengah, mendorong pemerintah setempat mendirikan Kantor Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di kecamatan.

"Tujuan pendirian Kantor Samsat di kecamatan untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Kasat Lantas Polres Seruyan AKP Budiono di Kuala Pembuang, Senin.

Budiono yang sebelumnya menjabat Kapolsek Dusun Selatan Polres Barito Selatan menilai, pelayanan Samsat di Seruyan belum berjalan maksimal karena satu-satunya Kantor Samsat yang berada di Kuala Pembuang sangat sulit diakses oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat yang berada di wilayah hulu Seruyan.

Selain itu, layanan mobil Samsat keliling juga belum efektif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena pelayanan hanya diberikan pada waktu tertentu sehingga tidak dapat diakses setiap saat oleh masyarakat.

Sulitnya mengakses pelayanan Samsat tersebut membuat sebagian besar masyarakat Seruyan yang berada di kecamatan jauh dari Kuala Pembuang memilih menyelesaikan urusan seperti surat dan pajak kendaraan bermotor ke Kantor Samsat di kabupaten lain seperti Kotawaringin Timur (Kotim) dan Kotawaringin Barat (Kobar).

"Dilihat dari wilayah, banyak kecamatan di Seruyan ini lebih dekat dengan Kotim dan Kobar akhirnya banyak warga yang mengurus surat dan pajak kendaraan ke kabupaten tersebut," katanya.

Ia menambahkan, banyaknya warga yang menyelesaikan pajak kendaraan ke kabupaten lain membuat Seruyan kehilangan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor.

"Jadi dengan mendirikan Samsat di kecamatan diharapkan dapat mendekatkan serta memberikan kemudahan bagi masyarakat, dan di sisi lain dapat mendorong peningkatan pendapatan daerah," katanya.

Menurutnya, untuk tahap awal, Pemkab Seruyan dapat mendirikan Kantor Samsat di Pembuang Hulu Kecamatan Hanau karena lokasinya dapat dengan mudah dijangkau oleh masyarakat di wilayah tengah dan hulu Seruyan.

"Pendirian Samsat ini sebenarnya tergantung kebutuhan di lapangan, yang penting intinya bagaimana agar masyarakat di kecamatan dapat dengan mudah mengakses pelayanan Samsat," katanya.