DKPP jadikan Seruyan Hilir sebagai lumbung padi

id dkpp seruyan,lumbung padi,seruyan hilir

DKPP jadikan Seruyan Hilir sebagai lumbung padi

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan Sugian Noor. (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah bertekad menjadikan Kecamatan Seruyan Hilir sebagai lumbung padi di daerah tersebut.

"Kita bertekad menjadikan wilayah Seruyan Hilir sebagai lumbung padi, karena dulu memang pernah dikenal sebagai lumbung padi," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan Sugian Noor di Kuala Pembuang, Rabu.

Ia menjelaskan, puluhan tahun silam, Kecamatan Seruyan Hilir yang masih termasuk dalam wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan daerah lumbung padi.

Sejumlah sentra pertanian di Seruyan Hilir yang dikenal dan tersisa hingga saat ini sebagian besar berada di Desa Persil Raya dan Kelurahan Kuala Pembuang I. Bahkan dulu hasil panen petani dipasarkan hingga ke Kalimantan Barat.

"Namun usaha di sektor pertanian kemudian banyak ditinggalkan warga karena waktu itu ramainya usaha pembalakan liar, akhirnya banyak lahan tidak digarap," katanya.

Ia mengatakan, beberapa upaya yang dilakukan untuk mengembalikan Seruyan Hilir dengan potensi lahan pertanian mencapai 3.000 hektare lebih sebagai lumbung padi adalah dengan melakukan tanam serentak pada musim tanam Oktober-November 2018.

"Saat ini kita masih menginventarisasi lahan-lahan potensial di berbagai desa di Seruyan Hilir untuk ditanami padi," katanya.

Ia menambahkan, DKPP juga akan memaksimalkan peran penyuluh di lapangan untuk terus mendampingi dan berkomunikasi dengan para petani mengenai berbagai hal terkait pengembangan pertanian.

"Penyuluh ini harus aktif mendampingi serta menyampaikan berbagai program pemerintah untuk petani sehingga petani merasa diperhatikan dan semangat dalam mengembangkan usahanya," katanya.

Selain itu, DKPP juga berupaya memberikan bantuan kepada petani, mulai dari bibit, pupuk hingga alat dan mesin pertanian agar aktivitas pertanian yang dilakukan petani semakin nyaman dan lebih mudah.

"Seruyan Hilir akan kita jadikan percontohan, setelah Seruyan Hilir berhasil baru daerah lain juga akan kita kembangkan menjadi lumbung padi sehingga swasembada pangan di Seruyan dapat terwujud," katanya.