DPRD perlu dilibatkan dalam mensosialisasikan program Pemprov

id dprd kalteng,dprd kalimantan tengah,anggota komisi b dprd kalteng,dprd kalteng dilibatkan

DPRD perlu dilibatkan dalam mensosialisasikan program Pemprov

Anggota Komisi B DPRD Kalteng, Syahrudin Durasid. (Foto AntaraKalteng/Jaya W Manurung) (Foto AntaraKalteng/Jaya W Manurung/)

DPRD kan punya anggaran sendiri. Tidak ada menitikberatkan biaya selama perjalanan kepada eksekutif atau SOPD terkait. Kami mengingatkan kembali agar pihak komisi-komisi di DPRD Kalteng dilibatkan dalam mensosialisasikan ataupun saat melaksanakan pro
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Legislator Kalimantan Tengah Syahrudin Durasid menyatakan komisi-komisi di lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, perlu terlibat dan dilibatkan dalam mensosialisasikan ataupun saat pelaksanaan program-program yang telah disusun.

Keterlibatan tersebut juga bertujuan untuk mempermudah tugas anggota DPRD Kalteng dalam mengawasi sudah sejauh mana perkembangan program yang dilaksanakan, kata Syahrudin di Palangka Raya, Rabu (5/9/18).

"Selama ini Pemerintah Provinsi, khususnya satuan organisasi perangkat daerah kerap berjalan sendiri tanpa melibatkan DPRD. Alhasil, DPRD kurang mengetahui secara langsung apakah program yang disusun sudah terlaksana sesuai target atau justru bermasalah," ucapnya.

Menurut anggota Komisi B itu, untuk melaksanakan fungsi pengawasan, pihak DPRD memiliki anggaran tersendiri, sehingga ketika dilibatkan dalam mensosialisasikan dan saat merealisasikan program, SOPD tidak perlu memikirkan biaya perjalanan para wakil rakyat.

Syahrudin mencontohkan langkah yang telah dilakukan Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng. Di mana SOPD itu telah sering bersinergi dan melibatkan Komisi B DPRD Kalteng dalam mensosialisasikan dan pelaksanaan program.

"DPRD kan punya anggaran sendiri. Tidak ada menitikberatkan biaya selama perjalanan kepada eksekutif atau SOPD terkait. Kami mengingatkan kembali agar pihak komisi-komisi di DPRD Kalteng dilibatkan dalam mensosialisasikan ataupun saat melaksanakan program," kata dia.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I (Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan, Gunung Mas) itu mengaku sangat senang dan menyambut baik apabila ada SOPD yang konsisten melibatkan DPRD dalam mensosialisasikan ataupun saat melaksanakan program.

Dia mengatakan, keuntungan lain yang didapat dari keterlibatan tersebut, dapat mencegah adanya ketidaksinkronan apabila DPRD memberikan komentar terkait jalannya program Pemerintah.

"Tidak semua anggota DPRD Kalteng mengetahui secara detil program-program Pemerintah. Jadi, keterlibatan mensosialisasikan itu juga menyamakan pernyataan ketika disampaikan ke masyarakat," demikian Syahrudin.