Diskominfo optimis sistem pemerintahan berbasis Elektronik realisasikan good governance

id kabupaten lamandau,diskominfo lamandau,sistem pemerintahan berbasis elektronik di lamandau,Charles Rakam Mamud

Diskominfo optimis sistem pemerintahan berbasis Elektronik realisasikan good governance

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamandau, Charles Rakam Mamud. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Kami mengalami kesulitan dalam menentukan indikator keberhasilan pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik di Kabupaten yang berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini
Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Dinas Komunikasi dan Informatika (DisKominfo) Kabupaten Lamandau optimis, pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik dapat merealisasikan dan memenuhi prinsip good governance atau tata kelola pemerintahan yang baik.

Sekarang ini bagaimana seluruh satuan organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab melaksanakan dan menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik, kata Kepala DisKominfo Lamandau, Charles Rakam Mamud, di Nanga Bulik, Rabu (5/9/18).

"Pengguna sistem pemerintahan berbasis elektronik dalam pengertiannya yakni seluruh perangkat daerah, melalui penyelenggaraan SPBE oleh pemerintah daerah setempat diyakini bahwa pemerintah daerah akan mampu meningkatkan pencapaiannya dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik (Good-governance)," ucapnya.

Pada saat ini perlu diketahui bahwa pemanfaatan Tenaga Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik di kabupaten Lamandau ini sudah dimulai, akan tetapi pelaksanaannya masih bersifat parsial.

Charles mengatakan, artinya bahwa pemanfaatan TIK diwilayah setempat belum dibangun sebagai sebuah ekosistem yang terpadu, komprehensif, dan berkelanjutan.

"Masing-masing perangkat daerah sesuai dengan keinginanannya sendiri untuk merencanakan dan memanfaatkan TIK, akibatnya telah terjadi pemborosan anggaran yang seharusnya tidak terjadi," kata dia.

Disamping itu juga, ditengah tuntutan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan yang membutuhkan kecepatan dalam menangani dan merespon kebutuhan tugas dan masyarakat, pemerintah daerah hingga level paling bawah, yakni kecamatan dan kelurahan/desa.

Meski begitu, Diskominfo Lamandau menyadari bahwa hanya mampu melaksanakan tugas pelayanan publiknya secara manual sebagai akibat minimnya aksesibilitas jaringan internet, terbatasnya sarana dan prasarana, tidak tersedianya jaringan komunikasi dan informasi serta terbatasnya jaringan aplikasi.

"Kami mengalami kesulitan dalam menentukan indikator keberhasilan pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik di Kabupaten yang berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini," ujarnya.  

Menurutnya, ada sejumlah prioritas yang harus dilakukan agar penyelenggaraan pemerintahan berbasis eletronik ini dapat segera dilaksanakan yakni membangun Infrastruktur, Mezostruktur dan Suprastruktur TIK di kabupaten Lamandau, pembangunan Infrastruktur yang meliputi penyediaan aksesibilitas jaringan internet, menyediakan sarana dan prasarana, membangun jaringan informasi, dan membangun jaringan aplikasi, sedangkan Mesostruktur meliputi penelitian dan pengembangan TIK diwilayah setempat. 

Kedepannya, dibutuhkan suatu sistem pemanfaatan TIK yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik di Kabupaten Lamandau  yang harus dilaksanakan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lamandau.

"Melalui pemanfaatan TIK yang terencana dan terprogram dengan baik, akan tercipta ekosistim TIK di Kabupaten Lamandau yang pada akhirnya akan mampu meningkatan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, efektif, demokratis, akuntabel, dan transparan bebas dari KKN untuk mewujudkan Kabupaten Lamandau JUARA," demikian Charles.

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar