Tips memilih jus lidah buaya yang sehat

id Jus,lidah buaya,sehat

Tips memilih jus lidah buaya yang sehat

Ilustrasi lidah buaya (boldsky)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Ketika Anda memilih jus lidah buaya, Anda juga perlu berhati-hati. Baca label, teknik pengolahan, dan bahan lainnya yang dimasukan dalam jus tersebut. Jus lidah buaya yang dibuat dengan daun lidah buaya utuh sebaiknya diminum dalam jumlah yang lebih sedikit.

Sebab jus lidah buaya tersebut mengandung antrakuinon (pencahar alami) yang lebih banyak dibandingkan jenis jus lidah buaya yang terbuat dari bagian dalam daun lidah buaya. Jika terlalu banyak minum pencahar, ini justru bisa memperburuk gejala IBS.

Selain itu, antrakuinon dapat memicu terjadinya kanker jika diminum secara teratur terus. Periksa label kemasan jus lidah buaya Anda juga berapa kadar antrakuinon nya. Zat tersebut harus dibawah 10 PPM amannya. Oleh karena itu, hindari konsumsi antrakuinon pada lidah buaya dengan cara tetap cerman dan berhati-hati dalam memilih jus lidah buaya.

Periksa juga keterangannya teknik pengolahannya, apakah dengan decolorized atau nondecolorized. Jenis yang decolorized terbuat dari bagian daun lidah buaya utuh tetapi sudah disaring sehingga antrakuinonnya berkurang. Jenis ini lebih aman untuk dikonsumsi secara teratur.

Sedangkan jika kita mengonsumsi jus lidah buaya dengan teknik nondecolorized maka memberikan beberapa efek samping seperti nyeri perut, diare, dehidrasi, penurunan kadar gula darah, dan reaksi alergi.