Lamandau juara di lomba cipta B2SA tingkat Kalteng

id kabupaten lamandau, lamandau juara lomba cipta makanan,juara B2SA tingkat kalteng 2018,kepala dinas pangan lamandau,Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabu

Lamandau juara di lomba cipta B2SA tingkat Kalteng

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamandau M Irwansyah. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

"Sejak dahulu sampai dengan sekarang orang Kalimantan terkenal sebagai pembuat wadai tradisonal yang beraneka ragam
Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Lamandau meraih juara harapan satu di lomba cipta Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber lokal tingkat Provinsi Kalimatan Tengah tahun 2018, yang dilaksanakan belum lama ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lamandau M Irwansyah, di Nanga Bulik, Jumat (7/9/18), mengatakan, pemerintah sedang menggalakkan pemenuhan gizi yang lengkap dan seimbang melalui menu makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman bagi keluarga terutama sekali bagi anak-anak. 

"Menu yang berisikan aneka ragam bahan pangan yang dikonsumsi dalam jumlah seimbang untuk memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan serta tidak tercemar bahan berbahaya seperti halnya pestisida," ucapnya.

Ditambahkannya, pelaksanaan lomba cipta menu B2SA yang di prakasai oleh Dinas Ketahanan Pangan Propinsi Kalteng ini, tentunya sangat sejalan dengan upaya untuk membangun manusia Indonesia yang lebih baik, yakni lebih sehat, aktif dan produktif. 

"Sejak dahulu sampai dengan sekarang orang Kalimantan terkenal sebagai pembuat wadai tradisonal yang beraneka ragam," bebernya.

Bahkan lomba tersebut juga termasuk salah satu upaya dari pihak pemerintah untuk melestarikan berbagai aneka makanan tradisional dan inovasi dalam hal keanekaragaman menu dan masakan.

Kabupaten yang berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini memiliki potensi yang sangat baik disektor pertanian dan perikanan. Oleh karena itu, optimalisasi sumber daya lokal yang dimiliki ini menjadi sangat diperlukan untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan agar bisa tercapai dengan baik. 

"Dengan adanya lomba cipta menu B2SA itu dapat dijadikan wadah yang tepat untuk mensinergikan peran dan kontribusi seluruh elemen masyarakat daerah dalam mensosialisasikan pola konsumsi pangan yang baik lagi," demikian Irwansyah.