Diskominfo Kotim rangkul generasi milenial pegiat informasi

id DISKOMINFO KOTAWARINGIN TIMUR RANGKUL PEGIAT INFORMASI MILENIAL,Multazam,Generasi milenial,Cerdas Cermat,Sampit

Diskominfo Kotim rangkul generasi milenial pegiat informasi

Bupati Kotim H Supian Hadi dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri menyerahkan hadiah untuk juara cerdas cermat kelompok informasi masyarakat, Sabtu (8/9/2018) malam. (Istimewa)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Berbagai cara dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, untuk merangkul pegiat informasi, khususnya generasi milenial agar selalu melakukan kegiatan positif.

"Kami ingin kegiatan mereka selalu terarah pada hal positif, khususnya terkait teknologi komunikasi dan informasi. Penggunaan "gadget" akan menimbulkan dampak negatif jika tidak dilakukan dengan benar," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kotawaringin Timur, Multazam di Sampit, Senin.

Generasi milenial yang ditandai dengan penguasaan teknologi komunikasi dan informasi, khususnya internet, merupakan potensi besar jika dibina dengan baik.

Mereka harus diarahkan pada kegiatan positif dan menjauhi tindakan negatif seperti terlibat 'hoax' atau kabar bohong, ujaran kebencian dan tindakan negatif lainnya.

Untuk itulah Dinas Komunikasi dan Informatika terus berusaha merangkul generasi milenial melalui berbagai kegiatan. Kalangan pelajar dan mahasiswa diwadahi dalam berbagai kegiatan positif yang mampu menarik minat mereka.

Seperti akhir pekan tadi, Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar lomba Cerdas Cermat Kelompok Informasi Masyarakat. Kegiatan selama tiga hari digelar di arena Mentaya Fair 2018 di Stadion 29 November Sampit itu disambut antusias pelajar.

Lomba diikuti 12 kelompok yang merupakan perwakilan SMA/MA/SMK di Kota Sampit.

Kegiatan ini menyasar kalangan milenial yang merupakan pegiat informasi atau penyuka teknologi informasi. Materi lomba pun seputar dengan masalah pelajaran di sekolah serta pengetahuan tentang komunikasi dan informasi.

"Kami ingin melihat daya serap informasi yang baik oleh anak muda, khususnya di Kotawaringin Timur. Sambutan mereka positif. Saat pelaksanaan, sampai tombol bel sempat rusak karena sangat antusiasnya peserta menjawab pertanyaan," ujar Multazam.

Hasil lomba, juara I diraih MAN Sampit, juara II diraih SMAN 2 Sampit dan juara III diraih SMK Santo Yosef.

Sebagai motivasi, pemenang lomba diberi hadiah berupa uang pembinaan, tropi dan piagam. Bupati H Supian Hadi dan Wakil Bupati HM Taufiq Mukri hadir menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba.

Multazam menambahkan, generasi milenial menjadi pengguna terbesar teknologi komunikasi dan informasi saat ini. Mereka harus terus dirangkul dan diarahkan pada kegiatan-kegiatan positif yang membawa manfaat besar bagi mereka dan orang lain.

Berbagai kegiatan juga dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika untuk merangkul generasi milenial. Kantor mereka di Jalan Achmad Yani pun sengaja dibuka untuk mewadahi aktivitas generasi muda untuk kegiatan-kegiatan positif.