Dua turis mancanegara dikabarkan menghilang di Tanjung Puting

id turis mancanegara hilang,turis hilang,tanjung puting,tntp,orangutan,pangkalan bun,kalteng

Dua turis mancanegara dikabarkan menghilang di Tanjung Puting

Ilustrasi - Wisatawan menumpang perahu kelotok menyusuri Taman Nasional Tanjung Puting melalui Sungai Sekonyer. (Foto Budi Santoso)

Mereka sempat menyaksikan pemberian makan orangutan, tapi ditunggu sampai sore kemarin, tidak kunjung kembali ke Pondok Tanggui Camp TNTP.
Pangkalan Bun (Antaranews Kalteng) - Dua turis mancanegara dan seorang pemandu wisata bernama Adi dikabarkan hilang di sekitar hutan kawasan Pondok Tanggui Camp Taman Nasional Tanjung Puting, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah.

Kepala Balai TNTP Helmi saat dikonfirmasi dari Pangkalan Bun, Selasa, membenarkan bahwa dua turis mancanegara yang belum diketahui identitasnya tersebut memasuki kawasan hutan di sekitar Pondok Tanggui Camp TNTP pada hari Senin (10/9), dan sampai sekarang belum kembali.

"Mereka sempat menyaksikan pemberian makan orangutan, tapi ditunggu sampai sore kemarin, tidak kunjung kembali ke Pondok Tanggui Camp TNTP. Sejak kemarin sore hingga siang ini, tim masih terus melakukan pencarian. Untuk identitas nanti kami informasikan," singkat dia.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata (ASITA) Thomas Sari Wuwur, saat ditemui di Pangkalan Bun memperkirakan, dua turis mancanegara beserta seorang pemandu wisata tersesat di dalam hutan kawasan Pondok Tanggui Camp.

Dia mengatakan, tersesatnya ketiga orang tersebut diduga menggunakan jalan yang tidak biasa digunakan untuk kembali ke Pondok Tanggui Camp TNTP. Apalagi pemandu wisata bernama Aldi tersebut terbilang baru tiga kali memandu di sekitar TNTP.

"Kami sudah mengirim ke lokasi untuk menggali informasi terkait turis yang hilang, dan kelotok atau perahu bermesin siapa digunakan untuk membawa mereka ke sana," beber Thomas.

Selain mengerahkan personil ASITA mencari sejak, Senin (10/9) malam, warga Sekonyer yang tinggal di sekitar TNTP, Selasa (11/9) pagi, juga turut ikut mencari dua turis mancanegara dan seorang pemandu wisata itu.

Thomas mengatakan, peristiwa hilangnya turis bersama pemandu wisata bukan yang pertama terjadi di sekitar TNTP. Sebelumnya, turis dari Negara Australia juga sempat dinyatakan hilang di sekitar TNPT.

"Tapi, setelah dilakukan pencarian, akhirnya ditemukan dalam kondisi sehat. Mereka tersesat dan lupa jalur pulang. Perkiraan kami, Dua turis yang sampai sekarang ini belum kembali itu juga karena tersesat di sekitar hutan Pondok Tanggui Camp TNTP," kata Thomas.