Porprov Kalteng diikuti 3.592 atlet, ini daerah dengan peserta terbanyak

id Porprov Kalteng diikuti 3.592 atlet, ini daerah dengan peserta terbanyak,Barito Utara,Muara Teweh,Olahraga

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Ketua Harian KONI H Asran dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Jufriansyah serta mewakili Dandim 1013 Muara Teweh saat melaksanakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Porprov di aula Setda Lantai I di Muara Teweh, Kamis (13/9/2018). (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng)- Sebanyak 3.592 atlet dari 14 kabupaten dan kota se Kalteng mengikuti Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI tingkat Kalimantan Tengah yang digelar di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara ada 20-27 Oktober 2018.

"Sebanyak 3.592 atlet ini belum termasuk para ofisial dan pelatih sehingga diperkirakan peserta dari 14 kabupaten se Kalteng mencapai 7.000 sampai 8 ribuan peserta yang datang ke Muara Teweh," kata Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Barito Utara, Munawar Khalil pada rapat koordinasi kesiapan panitia besar dalam menghadapi Porprov Kalteng di Muara Teweh, Kamis.

Porprov Kalteng di Barito Utara ini mempertandingkan 26 cabang olahraga, kata dia, untuk kontingen Kabupaten Kotawaringin Timur mengirimkan 442 atlet untuk mengikuti 23 cabang, Kapuas menurunkan 210 atlet untuk mengikuti 20 cabang.

Kemudian Kabupaten Kotawaringin Barat 243 atlet (24 cabang), Barito Selatan 204 atlet (17 cabang), Katingan 403 atlet (25 cabang), Seruyan 282 atlet (21 cabang), Sukamara 254 atlet (20 cabang), Gunung Mas 74 atlet (6 cabang), Pulang Pisau 211 atlet (22 cabang), Murung Raya 166 atlet (13 cabang), Barito Timur 231 atlet (16 cabang), Kota Palangka Raya 396 atlet (25 cabang) dan Kabupaten Barito Utara selaku tuan rumah menurunkan 478 atlet untuk mengikuti 26 cabang.

"Pada prinsipnya kami siap menggelar Porprov Kalteng di Muara Teweh," katanya.

Sementara Ketua Harian KONI Barito Utara Asran mengatakan kesiapan KONI Barito Utara dalam menghadapi kegiatan tersebut sudah siap untuk memggelar kejuaraan yang mempertandingkan 26 cabang olahraga.

Sedangkan jumlah atlet Barito Utara sebanyak 980 yang terdiri dari atlet putra sebanyak 298 atlet, dan putri sebanyak 180 atlet serta official dan pelatih sebanyak 502 orang.

"Sehingga total keseluruhannya atleh, ofisial dan pelatih sebanyak 980 orang. Ofisial dan pelatih malah banyak daripada atlet yang akan bertanding. Untuk atlet hanya berjumlah 478 orang," katanya.

Menurut Asran KONI Barito Utara mempersiapkan bonus sebanyak Rp1 miliar bagi atlet daerah ini yang meraih medali pada Porprov Kalteng kali ini.

Porprov pertama kali dilaksanakan di luar Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah yaitu di Kabupaten Barito Utara dan mendapat kepercayaan dari Gubernur Kalteng dan KONI Kalteng untuk melaksanakan kegiatan ini.

"Kita tidak mengesampingkan kegiatan itu, maka dari itu kita bersama masyarakat Barito Utara mempersiapkan diri semaksimal mungkin untuk kegiatan tersebut dan menyukseskan kegiatan Porprov yang tidak lama lagi akan diselenggarakan di daerah ini," kata Asran yang juga anggota DPRD Barito Utara ini.

Ketua Umum KONI Barito Utara Nadalsyah mengatakan bahwa Kabupaten Barito Utara merupakan kabupaten pertama yang memberanikan diri untuk menyelenggarakan kegiatan akbar tingkat Provinsi Kalteng tersebut.

"Untuk itu kita harus melakukan persiapan yang betul-betul maksimal dan waktu yang sudah dekat ini. Jangan sampai menjelang kegiatan porprov kita banyak kekurangan-kekurangan yang harus diselesaikan. Saya minta H-1 minggu semua arena yang menjadi tempat pertandingan atau lomba sudah steril dan siap pakai," kata Nadalsyah.

Nadalsyah mengatakan pada Haornas di Pangkalan Bun Kotawaringan Barat, Kabupaten Barito Utara sangat digaungkan, karena keterkaitannya dengan Haornas dan Porprov ini.

"Jadi MC dan masyarakat di sana selalu mengucapkan terima kasih dengan Kabupaten Barito Utara yang telah siap menyelenggarakan Porprov tahun 2018 ini," ucapnya.

Secara pribadi ungkap Nadalsyah, dirinya merasa beban juga karena kalau disanjung dan dipercayakan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Porprov, sehingga nanti pada pelaksanaannya tidak maksimal akan menjadi beban semua.

"Untuk itu saya selaku Ketua Umum KONI meminta kepada Ketua Harian KONI agar selalu meng-update (memperbaharui) apa-apa kesiapan-kesiapan dan apa-apa kekurangan yang harus kita siapkan untuk kegiatan tersebut," kata Nadalsyah yang juga Bupati Barito Utara.

Nadalsyah juga menyampaikan bahwa kesiapan Barito Utara dalam menyelenggarakan Porprov ke XI tingkat Kalimantan Tengah sudah diatas 90 persen.

"Dan Insya Allah menjelang pelaksanaan Porprov Barito Utara sudah siap 100 persen menyelenggarakan kegiatan akbar tingkat Kalteng ini," tegasnya.

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar