Optimistis penyusunan APBD Perubahan selesai tepat waktu

id Optimistis penyusunan APBD Perubahan selesai tepat waktu,Lamandau,DPRD,Tommy Hermal Ibrahim

Optimistis penyusunan APBD Perubahan selesai tepat waktu

Ketua DPRD Kabupaten Lamandau, Tommy Hermal Ibrahim. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Penyusunan APBD Perubahan 2018 Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, diyakini akan selesai tepat waktu sehingga program pembangunan tidak sampai terhambat.

"Sesuai aturan, per 30 September 2018 nanti harus sudah selesai, dan kami pun sangat optimistis akan terselesaikan," kata Ketua DPRD Kabupaten Lamandau, Tommy Hermal Ibrahim, di Nanga Bulik, Jum'at. 

Menurutnya, APBD perubahan tahun 2018 ini sedikit beda dibanding tahun sebelumnya, karena kali ini hanya penyesuaian atau rasionalisasi. Kondisi ini sebagai dampak dari devisit anggaran beberapa waktu lalu.

"Dalam perubahan itu kan suatu keniscayaan dia bertambah maupun berkurang, tapi kalau saat ini kita sudah mengetahui bahwa APBD kita saat ini sedang defisit," ujarnya. 

Menghadapi situasi ini, DPRD meminta eksekutif melakukan optimalisasi pendapatan. Selain itu, rasionalisasi terhadap belanja daerah juga harus dilakukan oleh pemerintah daerah setempat. 

Tommy berharap, selanjutnya tidak ada lagi rasionalisasi. Penyesuaian itu sudah harus tuntas dalam APBD Perubahan sebelum 30 September.

Terkait anggaran tunjangan aparatur sipil negara di lingkup Pemkab Lamandau untuk tiga bulan, Tommy menyebutnya sudah aman. Sudah ada kesepakatan secara antara pihak eksekutif dan legislatif untuk masalah ini.

"Mohon doanya juga kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lamandau. Kalau semuanya bisa tergali dari beberapa sumber pendapatan kita yang ada, Insya Allah nanti APBD kita akan surplus. Minimal, kita seimbang, kemudian rasionalisasi tadi yang harus kita lakukan," demikian Tommy.