Pasar desa dioptimalkan dongkrak pendapatan desa

id Pasar desa dioptimalkan dongkrak pendapatan desa,Sukamara,Perdagangan

Ilustrasi. (FOTO ANTARA)

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Sukamara Donald Simanjuntak meminta pemerintah desa mengoptimalkan pasar desa karena berpeluang besar menghasilkan pendapatan untuk desa.

“Harus diakui, ada beberapa desa yang memiliki pasar tapi belum dikelola secara baik. Saya yakin, apabila dikelola dengan baik, tentu akan menghasil pendapatan desa itu sendiri,” kata Donald di ruang kerjanya, Jum’at.

Hasil evaluasi, pasar desa belum dikelola secara baik oleh pemerintah desa. Padahal selain untuk kepentingan transaksi, pasar bisa dikelola menjadi sumber pendapatan yang potensinya cukup besar.

Kepala desa mempunyai peran penting dalam melakukan pengelolaan pasar desa agar mampu membawa manfaat secara luas. 

Pemerintah desa sudah pernah menggelar pelatihan pengelolaan pasar. Harapannya, pengetahuan yang didapat bisa diterapkan dalam mengelola pasar desa agar lebih maju.

Pemerintah daerah berharap keberadaan pasar desa dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan yang dilaksanakan, terutama desa itu sendiri.

“Ada beberapa kepala desa yang diikutkan untuk mengikuti  pelatihan dalam mengelola pasar. Kepala desa diharapkan mampu mengelolanya sehingga pasar yang ada di desa mereka dapat memberikan kontribusi bagi desa mereka,” harap Donald.

Dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat dan desa, pemerintah terus berusaha membangun sarana dan prasarana  perekonomian seperti pasar desa sebagai pusat interaksi sosial masyarakat perdesaan. 

Sudah ada beberapa desa yang mendapat sarana pasar desa yakni Desa Bangun Jaya, Ajang, Pangkalan Muntai, Jihing dan lainnya.

Pemerintah meminta kepala desa dan jajarannya bisa mengelola pasar desa dengan baik agar membawa manfaat besar bagi masyarakat dan pembangunan desa. 

Pewarta :
Editor: Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar