Polres Barsel gelar pasukan Operasi Mantap Brata

id Polres barsel,personel,operasi mantap brata,pemilu,pengamanan

Polres Barsel gelar pasukan Operasi Mantap Brata

Foto: Kapolres Barito Selatan, AKBP Eka Syarif Nugraha Husen saat memimpin gelar pasukan operasi Mantap Brata 2018 (Foto Istimewa).

Buntok (Antaranews Kalteng)-Polres Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan gelar pasukan Operasi Mantap Brata dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Tujuan dari kegiatan ini untuk mengecek kesiapan personel, sarana dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan pemilu 2019 mendatang," kata Kapolres Barito Selatan, AKBP Eka Syarif Nugraha Husen, di Buntok, Rabu.

Hal tersebut lanjut dia, agar pelaksanaan Pemilihan anggota legislatif maupun pemilihan Presiden, dan Wakil Presiden khususnya di wilayah kabupaten Barito Selatan ini nantinya bisa berjalan dengan aman, lancar, dan damai.

Menurut dia, pada Pemilu 2019 memiliki kompleksitas kerawanan, dan karakteristik yang khas, karena Pemilihan Anggota Legislatif, dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak untuk pertama kalinya dengan ambang batas "parlementary threshold" sebesar 4 persen.

"Kondisi ini akan menuntut pada upaya maksimal dari masing-masing partai politik dalam berkompetisi secara ketat untuk meraih suara sebanyak-banyaknya," kata dia.

Peningkatan intensitas kegiatan politik ini lanjut dia, tentunya dapat memunculkan potensi kerawanan dibidang keamanan.

"Oleh karena itu Polri, dibantu dengan unsur TNI, dan `stakeholder` (pemangku keptningan) terkait lainnya menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Mantap Brata ?2018," ujarnya.

Ia menambahkan, Operasi Mantap Brata ini, dilaksanakan selama 397 hari dari 20 September 2018 hingga 21 Oktober 2019.

"Operasi ini diselenggarakan dengan mengedepankan preemtif, dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk satuan tugas tingkat pusat, tingkat daerah, dan ditingkat polres," kata dia.

Pantauan Antara, dalam kegiatan gelar pasukan operasi Mantap Brata tersebut dilaksanakan simulasi pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019.