SOPD diminta proaktif membantu penyusunan RPJMD Lamandau

id SOPD diminta proaktif membantu penyusunan RPJMD Lamandau,Katma F Dirun,Pembangunan

SOPD diminta proaktif membantu penyusunan RPJMD Lamandau

Pj Bupati Lamandau Katma F Dirun. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, diminta proaktif membantu tim penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), sehingga selesai tepat waktu, serta memberikan hasil yang baik.

"Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk melakukan kegiatan perencanaan itu secara komprehensif sehingga tidak ada persoalan yang tidak diinginkan di kemudian harinya," kata Pj Bupati Lamandau Katma F Dirun, di Nanga Bulik, Rabu.

Menurutnya, ketika pada saat mengajukan usulan untuk minta dana dari pusat, baik itu Dana Alokasi Khusus (DAK), baik itu dana tugas pembantuan, maupun dana lainnya, maka sudah pasti yang akan diminta adalah RPJMD serta Rencana strategis (Renstra).

"Hal ini menunjukkan bahwa keduanya nyambung atau tidak, antara RPJMD dan Renstra, inilah yang saya katakan keterikatan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah ini sangat kuat terkait RPJMD ini, makanya harus dibahas secara komprehensif," jelasnya.

RPJMD menjadi bagian hal yang sangat penting. Sebagai pembina aparatur sipil negara di daerah Kabupaten Lamandau, dirinya merasa menjadi orang yang sangat bertanggung jawab terhadap masalah itu, terutama dalam upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan pembangunan yang ada di kabupaten yang berjuluk Bumi Bahaum Bakuba ini.

"Sekali lagi saya tegaskan hal ini sangatlah penting karena ini ada kaitannya secara langsung dalam rangka pemerintah daerah untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Lamandau ini," demikian Katma.