Seruyan alokasikan formasi CPNS untuk penyandang disabilitas dan cumlaude

id Seruyan alokasikan formasi CPNS untuk penyandang disabilitas dan cumlaude,Seleksi CPNS,Kuala Pembuang

Seruyan alokasikan formasi CPNS untuk penyandang disabilitas dan cumlaude

Sekda Seruyan Haryono saat menyerahkan berkas formasi penerimaan CPNS dari Pemerintah Pusat kepada Kepala BKPSDM Seruyan Hartono (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, mengalokasikan formasi khusus bagi penyandang disabilitas dan sarjana peraih cumlaude atau lulus dengan pujian pada seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018.

"Kuota penerimaan CPNS tahun 2018 untuk wilayah Seruyan adalah sebanyak 281, terdiri dari 6 kategori yaitu formasi khusus untuk K2, formasi lulusan cumlaude, formasi khusus disabilitas serta formasi umum yakni tenaga kesehatan, pendidikan dan teknis," kata Sekretaris Daerah Seruyan Haryono di Kuala Pembuang, Kamis

Untuk formasi K2 sebanyak 1 formasi, kategori lulusan cumlaude sebanyak 3 formasi, kategori khusus disabilitas sebanyak 3 formasi, kategori umum tenaga kesehatan sebanyak 97 formasi, tenaga pendidikan sebanyak 159 dan tenaga teknis sebanyak 19 formasi.

Informasi seleksi sudah diumumkan secara resmi pada Rabu (19/8). Bagi masyarakat yang ingin mengetahui pembagian formasi lengkap dengan lokasi penempatan kerjanya, dapat dilihat secara langsung pada pengumuman yang dikeluarkan oleh Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Seruyan, baik yang berada di sekitar kawasan perkantoran ataupun media massa.

Menurut Haryono, kuota yang didapatkan Seruyan kali ini belum bisa memenuhi keperluan pegawai secara keseluruhan. Banyak formasi yang diperlukan namun belum tersedia pada kuota penerimaan yang diberikan pemerintah pusat.

"Seperti halnya untuk tenaga teknis yang jumlahnya sangat sedikit. Padahal kita masih perlu penambahan untuk pegawai dengan latar belakang pendidikan ilmu telekomunikasi, pertanian, komunikasi dan bidang lainnya," ujarnya menambahkan.

Pemerintah Kabupaten Seruyan tetap bersyukur dengan kuota formasi yang didapatkan tahun 2018 ini dan berharap semuanya dapat terisi penuh oleh para pelamar nantinya. Pemerintah daerah kembali berupaya pada penerimaan selanjutnya dengan mengusulkan berbagai formasi yang masih dibutuhkan daerah.

Sementara itu Kepala BKPSDM Seruyan Hartono menjelaskan, setelah pengumuman secara resmi, maka tim penerimaan CPNS Seruyan langsung dibentuk dan melaksanakan tahapan selanjutnya.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, pendaftaran akan dimulai pada 26 September hingga 11 Oktober 2018 mendatang. Kemudian pengumuman seleksi berkas dilaksanakan pada 15 Oktober dan dilanjutkan dengan pengambilan kartu peserta ujian hingga 19 Oktober 2018.

"Kemudian untuk seleksi akan dimulai setelahnya, yaitu seleksi kompetensi dasar pada 23 hingga 22 Nopember 2018 dan kemudian barulah dilanjutkan seleksi tahap kedua yang tanggalnya masih belum ditentukan," terangnya.

Pendaftar seleksi CPNS nantinya hanya diperbolehkan mendaftarkan diri pada 1 formasi saja, sehingga bagi mereka yang berminat diharapkan dapat benar- benar mempersiapkan diri dan menentukan pilihannya secara matang.