Pemkot Palangka Raya bentuk tiga kampung KB

id pemkot palangka raya,kampung kb,Kelurahan Palangka, Kelurahan Petuk Ketimpun dan kawasan Mendawai,Pemkot Palangka Raya bentuk tiga kampung KB

Pemkot Palangka Raya bentuk tiga kampung KB

Sekda Kota Palangka Raya, Rojikinnor saat pencanangan Kampung KB di Palangka Raya, Kamis (20/9/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika).

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah membentuk tiga kampung Keluarga Berencana (KB) pada 2018, kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Palangka Raya Tiur Simatupang, Kamis.

"Ketiga kampung KB yang kita bentuk pada 2018 ini ialah di Kelurahan Palangka, Kelurahan Petuk Ketimpun dan kawasan Mendawai," kata Tiur pada acara pencanangan Kampung KB Kota Palangka Raya 2018 yang dipusatkan di Kelurahan Palangka.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya itu menerangkan, selain ketiga Kampung KB itu, di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini pada tahun sebelumnya juga telah dicanangkan Kampung KB lain.

"Kampung KB itu ialah Kampung KB Kelurahan Tanjung Pinang, Kemudian kelurahan Bereng Bengkel, Kelurahan Marang dan Kampung KB Kelurahan Petuk Bukit," kata Tiur.

Sementara itu, Sekda Kota Palangka Raya Rojikinnor yang mencanangkan resmi Kampung KB tersebut berharap keberadaan Kampung KB mampu sebagai pendorong keberhasilan program kependudukan dan keluarga berencana yang beberapa tahun terakhir mengalami penurunan.

Keberadaan Kampung KB juga diharapkan mampu sebagai pendorong masyarakat dalam membangun hidup keluarga mandiri dan sejahtera di berbagai bidang dan akhirnya dapat menciptakan masyarakat Indonesia sejahtera.

Melalui Kampung KB yang merupakan program kependudukan nasional dari pemerintah pusat ini, diharapkan mampu mengintegrasikan program lintas sektor.

"Program tersebut kita harapkan bermuara pada pemberian pelayanan kepada keluarga, membangun daerah dari pinggiran dengan memperhatikan kepada daerah yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari semua program pembangunan," katanya.

Melalui keberadaan Kampung KB, menurut Rojikinnor, masyarakat diajak menyukseskan program keluarga berencana guna menciptakan lingkungan keluarga yang harmonis, berkualitas dan sejahtera.