Sebanyak inilah jumlah caleg yang bersaing di Barito Selatan

id Sebanyak inilah politikus yang bersaing di Barito Selatan,DCT,Daftar Caleg Tetap,Buntok,KPU

Sebanyak inilah jumlah caleg yang bersaing di Barito Selatan

Ketua KPU Barito Selatan, Bahruddin menyerahkan Daftar Calon Tetap (DCT) kepada perwakilan partai politik pada Rapat Pleno, di Buntok, Kamis (20/9/2018). (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Jumlah calon anggota legislatif yang masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Barito Selatan, Kalimantan Tengah sebanyak 289 orang.

"Jumlah calon anggota legislatif (Caleg) perempuan sebanyak 113 orang, dan untuk caleg laki-laki sebanyak 176 orang sehingga totalnya sebanyak 289 orang," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan, Bahruddin, di Buntok, Kamis.

Menurut dia, DCT tersebut ditetapkan pada hari ini (20/9), dan sebelum ditetapkan pihaknya juga sebelumnya meminta persetujuan dari partai politik (Parpol) untuk menanyakan apakah sudah sesuai atau tidaknya.

"Untuk jumlah DCT ini tidak berubah dari Daftar Calon Sementara (DCS) yang telah ditetapkan sebelumnya, dan tidak ada perubahan, baik penggantian nama maupun lainnya," tambahnya.

Sesuai dengan jadwal, lanjut dia, nama-nama caleg yang masuk dalam DCT ini akan diumumkan pada 21-23 September 2018 mendatang.

Ia menambahkan, dalam ketentuannya, DCT ini bukan berarti tidak ada lagi mengalami perubahan, karena hal ini masih bisa terjadi.

"Kalau nanti dalam perjalanannya sebelum pencetakan logistik surat suara, ada calon yang tidak memenuhi syarat lagi sebagai calon, maka akan dilakukan perubahan terhadap keputusan yang telah ditetapkan ini," ucapnya.

Dengan catatan kata dia, nomor urut caleg yang lainnya tidak berubah, karena pihaknya hanya menghilangkan nama calon yang bersangkutan dalam DCT dan nomor urutnya tetap ada.

Acara rapat pleno penetapan DCT tersebut dihadiri perwakilan dari partai politik yang menjadi peserta pemilu 2019.