Bupati Kotim diminta segera lantik pejabat definitif

id dprd kotim,bupati kotim,pelantikan,pejabat definitif,Bupati Kotim diminta segera lantik pejabat definitif

Bupati Kotim diminta segera lantik pejabat definitif

Anggota Fraksi Hanura-PKB DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Hari Rahmad Panca Setya (Ist)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Hari Rakhmad Panca Setya meminta bupati daerah itu segera melantik pejabat definitif guna menduduki jabatan dibeberapa dinas yang masih kosong.

"Masih ada beberapa dinas dan kepala bidang yang sampai saat ini di jabat oleh pelaksana tugas, tentunya hal ini membuat pelaksanaan program pembangunan tidak dapat berjalan dengan maksimal," katanya di Sampit, Jumat.

Menurutnya kewenangan pelaksana tugas tentunya terbatas sehingga tidak dapat membuat kebijakan yang sifatnya final.

"Penetapan dan pelantikan pejabat eselon harus segera di lakukan dan paling tidak sebelum pembahasan rancangan APBD Kotawaringin Timur 2019," tegasnya.

Ia mengemukakan, kekosongan jabatan di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) akan berdampak kurang baik terhadap kelangsungan pembahasan RAPBD 2019.

"Sesuai rencana pembahasan RAPBD 2019 akan dilakukan pada pertengahan Oktober 2019 nanti. Untuk itu, pelantikan pejabat harus dilakukan sebelum pembahasan anggaran," ucapnya.

Hari berharap agar Bupati Kotawaringin Timur untuk tidak menunda pelantikan pejabat tersebut karena semua ini demi kelangsungan dan pelaksanaan pembangunan daerah.

"Ada hal yang sangat prinsip yang tidak dapat dilaksanakan pelaksana tugas, untuk itu dalam pembahasan RAPBD 2019 nanti harus dilakukan oleh pejabat definitif," terangnya.

Ia menilai, penundaan pelantikan pejabat juga sama saja dengan menghambat kelancaran pembahasan RAPBD 2019.

Sementara itu, Bupati Kotawaringin Timur, Supian Hadi berjanji akan segera melakukan pelantikan pejabat eselon untuk menempati beberapa jabatan yang saat ini sedang kosong karena ditinggalkan pejabat sebelumnya yang telah purna tugas.

"Kami pastikan pelantikan pejabat eselon akan kita sebelum pembahasan RAPBD 2019 yakni pada 27 September 2018 nanti. Untuk tempat pelaksanakan akan ditentukan oleh badan kepegawaian daerah (BKD)," jelasnya.

Ia menambahkan, dengan dilantiknya sejumlah pejabat eselon diharapkan nantinya bisa memperlancar pelaksanaan pembahasan anggaran 2019 dan kelangsungan program pembangunan.