Keterwakilan Caleg perempuan Gumas sebanyak 39,86 persen

id KPU Gumas,Gunung Mas,Kuala Kurun,Pemilu Legislatif,Kabupaten Gumas,DPRD Gumas

Keterwakilan Caleg perempuan Gumas sebanyak 39,86 persen

Ketua KPU Gunung Mas Stevenson. (Foto Antara Kalteng/Jemmy Kamis)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunung Mas menyatakan, bahwa keterwakilan calon legislatif (Caleg) perempuan keseluruhan berjumlah sebanyak 39,86 persen. Caleg yang masuk ke dalam daftar calon tetap (DCT) sebanyak 291 orang, dan 116 orang merupakan perempuan.

"Mereka memperebutkan 25 kursi anggota DPRD yang ada di Kabupaten Gunung Mas. Tahun ini ada 15 partai politik yang terdaftar dan bersaing untuk menjadi wakil rakyat di pemerintahan," kata Ketua KPU Gumas, Stevenson, di Kuala Kurun, Jumat.

Ia mengatakan, dalam pelaksanaan Pemilihan Legislatif tahun 2019 seluruh parpol harus memenuhi syarat keterwakilan 30 persen perempuan di setiap daerah pemilihan (dapil) dalam pencalonannya. Itu merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh semua parpol.

Menurutnya, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Tahapan Pemilu Tahun 2019, setelah penetapan DCT itu, akan dilanjutkan dengan pelaksanaan kampanye, yang dimulai dari 23 September 2018 hingga 14 April 2019 mendatang.

Baca juga: DPT Gunung Mas berkurang 479 pemilih

"Selama kurang lebih enam bulan kedepan, para caleg itu akan berkampanye, memperkenalkan diri dan bersosialisasi untuk mengambil hati masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gumas Walman Tristianto mengakui, setiap parpol wajib mengikuti aturan minimal keterwakilan perempuan sebesar 30 persen sebagai caleg dalam pemilu legislatif tahun 2019. Aturan tersebut juga telah diatur secara tegas dalam Undang-Undang (UU).

"Aturannya sudah jelas, apabila partai politik tidak memenuhi keterwakilan 30 persen perempuan, maka akan dicoret dari daerah pemilihan tersebut. Artinya masing-masing daerah pemilihan harus ada keterwakilan perempuan 30 persen dari peserta pemilu legislatif," katanya.

Baca juga: 291 Caleg akan bersaing pada Pemilu 2019 Gunung Mas