Begini penilaian gubernur terhadap capaian pembangunan Barito Selatan

id Begini penilaian gubernur terhadap capaian pembangunan Barito Selatan,Barsel,HUT,Sugianto Sabran

Begini penilaian gubernur terhadap capaian pembangunan Barito Selatan

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran (baju kjning), bersama Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri (dua dari kanan) pada kegiatan hari jadi ke-59 Barito Selatan. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengatakan pembangunan di kabupaten Barito Selatan sudah cukup baik.

"Pembangunan yang dilaksanakan selama ini sudah cukup baik," katanya saat memimpin upacara peringatan hari jadi ke 59 Kabupaten Barito Selatan, di Buntok, Jumat.

Oleh karena itu ia mengajak kepada seluruh komponen masyarakat di wilayah setempat agar terus membangun kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

Selain itu ia juga meminta pembangunan dari semua sektor perlu diperkuat terutama dalam bidang infrastruktur Jalan, kesehatan, dan pendidikan.

"Disamping itu juga diperlukan percepatan pembangunan supaya bisa mensejajarkan kabupaten Barito Selatan dengan kabupaten lainnya yang ada di Kalimantan Tengah ini," kata dia.

Untuk mewujudkan itu semua lanjut Gubernur, diperlukan sinergitas lintas sektoral, dan dukungan penuh dari masyarakat supaya bisa membawa kemajuan.

"Dengan demikian, maka akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat di Barito Selatan ini," ujar Sugianto Sabran.

Ia menyampaikan, sebagai bentuk perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah terhadap Barito Selatan, pihaknya telah mengalokasikan dana di antaranya untuk meningkatkan jalan Simpang Patas menuju Desa Tabak Kanilan sebesar Rp3 miliar.

"Peningkatan Jalan Rikut Jawu menuju Tabak Kanilan Rp3 miliar, dan pemeliharaan rutin Jalan dari Kabupaten Barito Selatan menuju Kabupaten Barito Timur Rp2 miliar," jelasnya.

Ditambah lagi lanjut Gubernur Kalteng, pembangunan rumah ibadah, dan fasilitas sosial lainnya sebesar Rp6,6 miliar.

Sementara Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri menyampaikan melalui peringatan ke 59 kabupaten ini, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus menjalin kebersamaan dalam pembangunan.

Karena dengan kebersamaan ini, akan mampu menyingkirkan ruang, waktu, serta sekat-sekat sosial yang selama ini menjadi penghambat, dan tantangan dalam pembangunan.

"Selain itu ia juga kita mengucapkan terima kasih, dan penghargaan kepada seluruh masyarakat atas dukungan, dan partisipasinya dalam menyukseskan pembangunan di kabupaten Barito Selatan ini," ujar Eddy Raya Samsuri.

Upacara peringatan hari jadi ke-59 Barito Selatan itu dihadiri sejumlah Bupati, dan Wakil Bupati di Kalimantan Tengah.

Pada acara tersebut, Gubernur memberikan sumbangan secara pribadi kepada para pelajar untuk membeli buku dengan nilai Rp 200 ribu per orang.