Ternyata ini partai politik paling banyak mengusung caleg perempuan Kotim

id Ternyata ini partai politik paling banyak mengusung caleg perempuan Kotim,Pemilu ,Sampit,KPU

Ternyata ini partai politik paling banyak mengusung caleg perempuan Kotim

Perwakilan partai politik mengikuti sosialisasi aturan kampanye pemilu 2019 oleh KPU Kotawaringin Timur. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi partai politik paling banyak mendaftarkan perempuan menjadi calon anggota legislatif (caleg) di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah pada pemilu 2019.

"Seluruh partai melampaui batas minimal 30 persen caleg perempuan. Namun PPP yang paling banyak mendaftarkan caleg perempuan," kata anggota Komisi Pemilihan Umum Kotawaringin Timur, Muhammad Rifqi Nasrullah di Sampit, Sabtu.

Berdasarkan daftar calon tetap (DCT) caleg Kotawaringin Timur yang ditetapkan Kamis (20/9), ada 529 caleg yang bertarung memperebutkan 40 kursi DPRD Kotawaringin Timur pada pemilu legislatif 2019, yang terdiri dari 316 caleg laki-laki dan 213 caleg perempuan yang tersebar di lima daerah pemilihan.

PPP mengusung caleg perempuan sebanyak 50 persen, yakni 19 orang dari 38 caleg yang didaftarkannya. Posisi kedua diduduki Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Demokrat yang sama-sama mencalonkan 42,50 persen caleg perempuan, yaitu 17 orang dari 40 caleg yang didaftarkan.

Disusul Partai Garuda dengan 41,67 persen dengan lima orang caleg perempuan dari total 12 caleg yang mereka daftarkan.

Partai Hanura di posisi berikutnya dengan persentase caleg perempuan sebanyak 41,03 persen, yakni 16 orang caleg perempuan dari total 39 caleg yang didaftarkan.

Berikutnya, ada empat partai politik yang sama-sama mencalonkan 40 persen caleg perempuan namun dengan jumlah caleg berbeda. Partai tersebut adalah Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Amanat Nasional.

Partai Golkar, Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Amanat Nasional mengusung 16 caleg perempuan dari 40 caleg didaftarkan. Sedangkan Partai Keadilan Sejahtera mengusung sebanyak 14 caleg perempuan dari 35 caleg didaftarkan. Persentasenya sama-sama 40 persen.

Selanjutnya, Partai Berkarya memiliki 38,89 persen caleg perempuan, yaitu 14 orang dari total 36 caleg yang mereka daftarkan.

Setelah itu ada empat partai yang memiliki caleg perempuan sebanyak 37,50 persen, yakni Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan dan Partai Nasdem. Mereka mendaftarkan 15 perempuan dari total 40 caleg yang didaftarkan.

Terakhir adalah Partai Bulan Bintang yang hanya memiliki 33,33 persen caleg perempuan, yaitu sebanyak tiga caleg perempuan dari sembilan caleg yang mereka daftarkan ke KPU Kotawaringin Timur.

"Ini tentu bukan hanya soal terpenuhinya syarat minimal keterwakilan suara perempuan, tetapi tentu akan menjadi penilaian bagi masyarakat tentang bagaimana partai politik masing-masing," kata Rifqi.

Rifqi mengapresiasi banyaknya perempuan Kotawaringin Timur yang maju menjadi caleg. Ini menandakan kemajuan kaum perempuan di ranah politik dan berdemokrasi.

Saat ini di DPRD Kotawaringin Timur terdapat sembilan legislator perempuan dari 40 orang anggota dewan setempat hasil pemilu legislatif 2014. Kehadiran mereka tidak hanya mewarnai, tetapi juga berkontribusi terhadap kinerja lembaga wakil rakyat tersebut.