Tak pilah-pilih, Kadin Kotim siap rangkul seluruh pelaku usaha

id Tak pilah-pilih, Kadin Kotim siap rangkul seluruh pelaku usaha,Kamar dagang dan industri,Susilo,Sampit

Tak pilah-pilih, Kadin Kotim siap rangkul seluruh pelaku usaha

Ketua Kadin Kabupaten Kotawaringin Timur, Susilo. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, mengajak seluruh pelaku usaha di daerah itu bergabung menjadi anggota organisasi itu agar bisa menjalankan program demi kemajuan bersama.

"Kadin ini merupakan wadah bagi seluruh pelaku usaha. Bukan hanya untuk perusahaan besar, tetapi juga pelaku usaha kecil dan menengah. Dengan bergabung di Kadin, kita bisa melakukan upaya bersama-sama untuk pengembangan usaha," kata Ketua Kadin Kotawaringin Timur, Susilo, di Sampit, Senin.

Sejak dilantik menjadi Ketua Kadin Kotawaringin Timur, Susilo terus berupaya menghilangkan pandangan sebagian masyarakat yang menganggap bahwa Kadin hanya organisasi para kontraktor atau perusahaan besar. Susilo juga membawa Kadin makin dekat dengan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, dengan turun langsung membantu pelaku usaha.

Susilo mengatakan berbagai terobosan dilakukan Kadin di tingkat pusat dan daerah untuk membantu pelaku usaha. Tujuannya agar pelaku usaha makin mudah mengembangkan usaha sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Seperti akhir 2017 lalu, Kadin Indonesia menjalin kerja sama dengan Kementerian Perdagangan tentang integrasi data perusahaan di bidang perdagangan secara online.

Kerja sama itu menegaskan bahwa hanya perusahaan yang terdaftar dalam anggota Kadin yang bisa melakukan kegiatan perdagangan, termasuk izin ekspor dan impor. Namun, tetap harus mematuhi aturan seperti tidak menimbun barang, melengkapi perizinan dan lainnya.

Di tingkat daerah, Kadin Kotawaringin Timur juga melakukan berbagai terobosan. Beberapa waktu lalu, digelar event yang diberi nama busines to busines atau B to B antara Kotawaringin Timur dengan Kediri.

Kegiatan itu mempertemukan antarpemerintah daerah dan antarpelaku usaha kedua daerah. Dampaknya positif karena terjalin kerja sama saling menguntungkan antara pemerintah dan pengusaha kedua daerah.

Kadin akan dengan tangan terbuka menerima pelaku usaha dari bidang apapun yang ingin bergabung. Anggota yang sudah terdaftar nantinya akan diberi kartu tanda anggota Kadin.

"Dengan bersama di organisasi ini, banyak yang bisa kita lakukan untuk kemajuan bersama. Berbagai kendala yang dihadapi juga bisa kita carikan solusinya sehingga tidak sampai menghambat pengembangan usaha," ujar Susilo.

Kadin Kotawaringin Timur berupaya terus merangkul seluruh pelaku usaha tanpa membeda-bedakan, termasuk kalangan muda yang kini makin menggeliat. Susilo optimistis perekonomian Kotawaringin Timur akan terus maju karena potensinya masih sangat besar.