Jaga dan selamatkan SDA Kalteng, kata Gubernur

id gubernur kalteng, sugianto sabran,kalimantan tengah,pelantikan wali kota,pelantikan bupati,pelantikan 10 kepala daerah se-kalteng

Jaga dan selamatkan SDA Kalteng, kata Gubernur

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (kanan) dan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin salam komando di pelantikan 10 Kepala Daerah se-Kalteng, di Istana Isen Mulang, Senin (24/9/18). (Foto AntaraKalteng/Rendhik Andika)

Saya selaku Gubernur kerjasama dengan Wali Kota dan para Bupati bagaimana menyelamatkan SDA Kalteng
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengajak seluruh Kepala Daerah, baik yang masih menjabat maupun mereka yang baru dilantik untuk bersama-sama menjaga serta menyelamatkan sumber daya alam di wilayah tersebut.

" Kekayaan SDA provinsi ini sungguh luar biasa namun terkesan belum terkelola dengan baik," kata Sugianto usai melantik Wali Kota/Wakil Wali Kota Palangka Raya serta sembilan Bupati/Wakil Bupati se-Kalteng, di Istana Isen Mulang, Senin (24/9/18).

"Jadi, saya ingin ada sinergisitas antara Gubernur dan Wali Kota serta Bupati se-Kalteng untuk menyelamatkan SDA. Melalui SDA itulah kemajuan pembangunan di bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lainnya dapat dicapai," ucapnya.

Menurut hasil pengamatan dan inventarisasi orang nomor satu di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila itu, para pengusaha di Kalteng sebagian besar justru bermasalah dan tidak membantu mengurangi ketimpangan ekonomi di masyarakat.

Gubernur juga mengharapkan para pengusaha yang membuka usaha di wilayah tersebut ikut membantu pengembangan daerah, bukan hanya membantu ke pusat.

"Saya selaku Gubernur kerjasama dengan Wali Kota dan para Bupati bagaimana menyelamatkan SDA Kalteng," kata Sugianto.

Selain masalah SDA, Gubernur Kalteng itu juga mengajak agar Wali Kota dan para Bupati membantu masyarakat kurang mampu agar terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Adapun 10 Kepala Daerah yang dilantik untuk periode 2018-2023 adalah Bupati/Wakil Bupati Lamandau Hendra Lesmana/Riko Purwanto, Bupati/Wakil Bupati Sukamara H Windo Subagio/H Ahmadi, Bupati/Wakil Bupati Katingan Sakariyas/Sundari Lintang, Bupati/Wakil Bupati Murung Raya Perdie dan Rejikinnor, Bupati/Wakil Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo/Pudjirustaty Narang.

Bupati/Wakil Bupati Kapuas Ben Brahim/Nafiah Ibnor, Bupati/Wakil Bupati Barito Utara H Nadalsyah/Suganto Panala Putra, Bupati/Wakil Bupati Seruyan Yulhaidir/Iswanti, Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas/Habib Saleh, dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin/Hj Umi Mastika.