Sambut pergelaran 'Wonderful Sail', Disbudpar siapkan tujuh paket wisata

id disbudpar kalteng,paket wisata,Wonderful Sail to Indonesia 2018,Sambut pergelaran 'Wonderful Sail', Disbudpar siapkan tujuh paket wisata

Sambut pergelaran 'Wonderful Sail', Disbudpar siapkan tujuh paket wisata

Kadisbudpar Kalteng, Guntur Talajan. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tegah Guntur Talajan mengatakan pihaknya bersama Disbudpar Kabupaten Kotawaringin Barat telah menyiapkan tujuh paket wisata menyambut pergelaran "Wonderful Sail to Indonesia 2018".

"Ketujuh paket wisata itu ialah paket wisata Tanjung Harapan, Pondok Tangguo, Pesalat, Pondok Ambung, Camp Leakey, Sungai Buluh Besar, dan paket wisata Sungai Arut serta Sungai Perlu," kata Guntur saat dikonfirmasi di Palangka Raya, Rabu.

Selain itu pihaknya juga terus melakukan persiapan guna menyambut pergelaran wisata yang dijadwalkan pada 7-11 Oktober 2018.

"Di antara persiapan yang kami lakukan ialah semakin memantapkan keberadaan fasilitas pendukung, terutama pada akses dan tempat-tempat yang direkomendasikan untuk dikunjungi sekitar 250 wisatawan mancanegara itu," katanya.

Sementara itu Kepala Disbudpar Kabupaten Kotawaringin Barat Wahyudi dalam pernyataan tertulisnya mengatakan pihaknya juga tengah menyiapkan berbagai aksesoris dan berbagai cenderamata khas kabupaten setempat dan khas Kaleng.

"Kami juga telah menyiapkan baju, topi, bendera dan brosur serta video dokumenter destinasi wisata di Kotawaringn Barat peserta `wonderful sail`. Peserta akan mengenakan hal itu saat memasuki Teluk Kumai," katanya.

Ketua Tim Percepatan Pembangunan Kalimantan Tengah Laksamana Purn Marsetio yang juga menjabat sebagai Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pengembangan dan Pengamanan Wisata Bahari, Ekosistem, Petualangan, dan Objek Vital Wisata Nasional, mengatakan, Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) di Kumai akan menjadi tujuan utama kegiatan Wonderful Sail to Indonesia 2018.

"Mengingat TN Tanjung Puting, telah diusulkan menjadi destinasi pariwisata prioritas atau masuk ke dalam Bali Baru "New Bali". TN Tanjung Puting memiliki keunggulan berupa hutan tropis sebagai habitat asli orang utan di Indonesia dan menjadi destinasi kelas dunia," katanya.