Pemimpin baru Seruyan fokus tingkatkan infrastruktur

id Pemimpin baru Seruyan fokus tingkatkan infrastruktur,Yulhaidir,Iswanti,Kuala pembuang

Pemimpin baru Seruyan fokus tingkatkan infrastruktur

Bupati Seruyan Yulhaidir dan Wakil Bupati Iswanti saat tiba di rumah jabatan dan disambut dengan prosesi adat. (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pemimpin baru Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah yaitu Bupati Yulhaidir dan Wakil Bupati Iswanti menyatakan komitmen mereka untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur, khususnya meningkatkan ruas jalan untuk memperlancar kegiatan ekonomi masyarakat.

"Kami ingin semua jalan penghubung dapat dibangun dengan baik, sehingga untuk ke sejumlah kecamatan di wilayah Seruyan tidak perlu lagi melewati Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur," kata Yulhaidir di Kuala Pembuang, Kamis.

Yulhaidir menyebutkan, infrastruktur jalan tersebut di antaranya ruas jalan penghubung ibu kota kabupaten yaitu Kuala Pembuang dengan kecamatan lainnya seperti Hanau, Asam baru, Tumbang Manjul dan kecamatan lainnya. 

Peningkatan infrastruktur tersebut untuk memenuhi harapan masyarakat. Ini juga sejalan dengan keinginan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran yang berharap semua wilayah dapat diakses melalui jalur darat.

Saat ini kondisi jalan penghubung dari kecamatan wilayah hilir menuju wilayah hulu, belum fungsional optimal. Di antaranya ruas jalan penghubung Rantau Pulut Kecamatan Seruyan Tengah menuju Tumbang Manjul Kecamatan Seruyan Hulu dan Kecamatan Suling Tambun yang kondisi geografisnya merupakan daerah perbukitan masih sulit dilewati kendaraan roda empat maupun roda dua.

Jika infrastruktur jalan penghubung antar wilayah di Seruyan telah dibangun dengan baik, diyakini akan berdampak nyata pada peningkatan perekonomian masyarakat. Selain itu, berbagai peluang usaha semakin terbuka lebar, sehingga mampu menekan tingkat kemiskinan.

"Kami akan melibatkan perusahaan besar swasta yang beroperasi di wilayah Seruyan, untuk berpartisipasi dan membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan infrastruktur jalan," katanya menegaskan.

Sementara itu, Kamis pagi Yulhaidir bersama Iswanti melakukan serah terima jabatan dengan Penjabat Bupati Seruyan Muhammad Hatta. Mereka juga menyampaikan visi dan misi yang akan dilaksanakan pada 2018-2023 mendatang.

Mengawali tugasnya, Yulhaidir akan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) untuk menyelaraskan program kerja yang akan dilaksanakan nantinya. Masa penyesuaian ini diperkirakan tidak membutuhkan waktu lama karena sebelumnya Yulhaidir menjabat sebagai Wakil Bupati Seruyan.

Yulhaidir menginginkan agar pelayanan di tiap SOPD dapat ditingkatkan sehingga dapat dilakukan secara cepat dan tepat, agar masyarakat merasa puas sehingga tidak ada lagi keluhan terhadap kinerja aparatur. Dia berencana melakukan inspeksi mendadak untuk memastikan terwujudnya keinginan tersebut.