Kadisdik Barsel jadi narasumber Rakornas IGI

id Kadisdik barsel,rakornas,guru,ikatan guru indonesia,narasumber rapat

Kadisdik Barsel jadi narasumber Rakornas IGI

Kepala Dinas Pendidikan Barito Selatan, DR Manat Simanjuntak (Tiga dari kiri) saat menjadi narasumber Rakornas Ikatan Guru Indonesia, di Jakarta.(Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Kepala Dinas Pendidikan Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Manat Simanjuntak menjadi salah satu narasumber pada Rapat Koordinasi Nasional Ikatan Guru Indonesia di Jakarta.

Dalam talk show yang dihadiri sejumlah guru di Indonesia itu, Manat Simanjuntak bersama dengan narasumber lainnya yakni Agus Sutoyo, Ketua Perpustakaan Nasional, kemudian Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Pusat Ramli Rahim, dan Ketua Forum Literasi Nasional Satria Darma.

"Saya sangat bersyukur, dan beruntung karena dipercaya menjadi pembicara pada kegiatan ini," katanya di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, hal ini merupakan suatu berkah, karena Barito Selatan bisa berbicara ditingkat nasional, dan disamping itu juga bisa menginspirasi banyak orang.

Terkait dengan program satu guru, satu buku, karena para guru merupakan penulis muda, dan penulis pemula yang diyakini bisa menjadi penulis besar.

"Meskipun buku yang ditulis bukan best seller, namun mereka juga harus sadar akan potensi selaku tenaga pendidik harus perlu memiliki inovasi," ucapnya.

Melalui tulisan-tulisan itulah lanjut dia, para guru bisa berinovasi, dan menjadi profesional, serta guru inspiratif yang mengikuti perkembangan jaman. Bisa memberikan solusi yang hadapi siswanya, dan bukan menjadi guru jadul (Jaman dulu).

"Semakin banyak guru yang bagus, dan semakin banyak guru bisa menulis buku, maka semakin banyak guru yang inspiratif di Barito Selatan, sehingga bisa diyakini dunia pendidikan akan lebih maju," tambah Manat Simanjuntak.

Kalau pendidikan sudah maju, maka indeks pembangunan manusia di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini secara otomatis akan meningkat.

Selain itu ia juga menyampaikan, dipercayakannya Barito Selatan berbicara di kancah nasional ini indikatornya, karena pihaknya telah melaksanakan workshop-workshop untuk meningkatkan kompetensi guru.