Rakornas IGI jadi upaya guru lebih profesional

id Guru,rakornas igi,ikatan guru,guru barsel,kadisdik,guru profesional

Rakornas IGI jadi upaya guru lebih profesional

Ilustrasi - Guru. (Istimewa)

Buntok (Antaranews Kalteng)- Sejumlah kepala bidang pada Dinas Pendidikan Barito Selatan, Kalimantan Tengah bersama pengurus Ikatan Guru Indonesia kabupaten setempat mengikuti rapat koordinasi nasional di Jakarta.

"Sebanyak 21 orang yang terdiri atas Kepala Bidang (Kabid), Kepala Seksi (Kasi), dan pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) mengikuti rapat koordinasi kasional (rakornas) sebanyak 21 orang," kata ketua IGI Barito Selatan, Isnah Cholisoh, saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, hal ini dilakukan dalam upaya untuk menambah wawasan bagi para pengurus IGI sehingga guru di Barito Selatan ini bisa menjadi lebih profesional lagi.

"Karena program IGI itu berbasis kompetensi yang mana satu guru satu buku," tambah Isnah Cholisoh.

Hal itu, lanjut dia, merupakan program literasi nasional, dan literasi tersebut bisa didapat dari manapun.

"Literasi ini misalnya bisa didapat melalui buku, media elektronik, kesehatan, dan literasi ini juga dapat dijadikan sebagai `long life education` atau pendidikan seumur hidup," ujarnya.

Melalui tulisan-tulisan itulah, para guru nantinya bisa berinovasi, dan menjadi lebih profesional, serta selalu inspiratif dengan mengikuti perkembangan zaman.

Tujuan lainnya mengikuti kegiatan ini, lanjut dia, agar IGI Barito Selatan bisa menyuarakan aspirasi supaya pendidikan di Barito Selatan ini bisa memenuhi standar di Indonesia.

"Karena suara yang kita sampai bisa dituangkan dalam rakornas ini untuk selanjutnya bisa didiskusikan dengan pihak Kementerian Pendidikan," tambah dia.

Acara rakornas IGI yang berlangsung di Jakarta Cenvention Center tersebut dihadiri pengurus IGI se-Indonesia.