Bupati Eddy Raya raih penghargaan peningkatan kompetensi guru

id Bupati Barsel Eddy Raya Samsuri , Eddy Raya Samsuri ,Ikatan Guru Indonesia,Bupati Eddy Raya raih penghargaan peningkatan kompetensi guru

Bupati Eddy Raya raih penghargaan peningkatan kompetensi guru

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri (dua kanan) saat menerima penghargaan yang diserahkan Dirjen guru, dan tenaga kependidikan pada Kementrian Pendidikan, dan Kebudayaan RI. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mendapat penghargaan dari Ikatan Guru Indonesia atas perhatiannya terhadap peningkatan kompetensi guru.

"Kami merasa penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi bagi peningkatan kualitas pendidikan di daerah," ucap Bupati Eddy Raya Samsuri usai menerima penghargaan di Jakarta, Jumat.

Dikatakan, Pemkab Barsel berkomitmen untuk terus memajukan berbagai sektor pembangunan termasuk dalam dunia pendidikan.

Saat ini lanjut dia, pihaknya sedang bergerak cepat dalam menjalankan segala sektor pembangunan khususnya dalam bidang pendidikan.

"Berbagai isu-isu strategis pembangunan dibidang pendidikan sedang terus dijalankan," ucapnya.

Ia menjelaskan, pembangunan dalam bidang pendidikan tersebut, seperti peningkatan sarana, dan prasarana, peningkatan kualitas kompetensi pendidik, dan tenaga pendidik.

"Kemudian standar kompetensi kelulusan sebagaimana yang termuat dalam delapan standar nasional pendidikan," tambah Bupati Barito Selatan itu.

Pada tahun ini kata dia, pihaknya sudah menjalankan sejumlah program yang diantaranya seperti melaksanakan Diklat dasar, dan lanjutan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), menyediakan 600 unit sepeda untuk siswa SD, dan SMP berprestasi, dan kurang mampu.

Setelah itu melakukan pembelajaran berbasis multimedia untuk SD, dan SMP, ?melaksanakan pelatihan kurikulum 2013, dan melakukan pembinaan terhadap guru, kepala sekolah, serta pengawas berprestasi.

Pihaknya juga menyediakan dana Biaya Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) untuk jenjang sekolah dasar, dan Sekolah Menengah Pertama, termasuk menyediakan dana BOP bagi Taman Kanak-kanak (TK) negeri.

"Selain itu, membangun gedung sekolah, dan rumah dinas guru, serta membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 3 di Desa Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan," ucap Bupati Barito Selatan itu.

Melalui kegiatan percepatan pembangunan khususnya dalam sektor pendidikan tersebut lanjut dia, diharapkan akan bisa lebih meningkatkan indeks pembangunan manusia di Kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

Sementara Kepala Dinas pendidikan Barito Selatan, DR Manat Simanjuntak mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan tersebut.

"Penghargaan ini diberikan karena kita konsen dalam peningkatan mutu guru. Dengan adanya penghargaan ini, maka perhatian terhadap dunia pendidikan akan bisa lebih tinggi lagi," ucap Manat Simanjuntak yang kemaren menjadi narasumber talk show nasional pada Rakornas Ikatan Guru Indonesia (IGI) itu.

Sebagai contoh lanjut dia, pak Bupati sudah beberapa kali membuka seminar, workshop, dan selalu menanyakan keadaan guru, serta memberikan ide-ide kreatif, dan selalu memberikan perhatian terhadap para guru.

"Kita juga yakin dalam Anggaran Pendapatan, dan Belanja Daerah (APBD) Barito Selatan juga memiliki progres dalam peningkatan mutu pendidikan, sebagai contoh di Dinas Pendidikan sering dilakukan pelatihan kurikulum, bimbingan teknis, workshop.

"Harapan saya dengan adanya penghargaan ini, maka perhatian kita terhadap dunia Pendidikan akan lebih tinggi lagi kedepannya," demikian Manat Simanjuntak.