Kaum milenial Seruyan harus ikut memajukan pengembangan pariwisata

id Pariwisata Seruyan,Kabupaten Seruyan,Kuala Pembuang,Diang Pariwisata

Diang Pariwisata Seruyan saat diwawancarai awak media (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Kami ingin generasi muda terlibat secara langsung dalam pembangunan
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Duta Pariwisata Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, memiliki keinginan yang sangat besar, agar kaum milineal atau para pemuda dan pemudi di daerahnya dapat terlibat secara langsung dalam pengembangan sektor pariwisata.

Diang Pariwisata Seruyan Valya Sherena, di Kuala Pembuang, Minggu mengatakan, ia bersama dengan duta pariwisata lainnya berjanji untuk dapat menggerakkan generasi muda di daerah, sehingga mau berpartisipasi secara nyata dalam memajukan sektor pariwisata.

"Kami ingin generasi muda terlibat secara langsung dalam  pembangunan. Jadi tidak hanya berdiam diri dan menjadi penonton saja, tanpa ikut berpartisipasi," katanya.

Sektor pariwisata di Seruyan sangat potensial untuk dikembangkan, mulai dari wisata budaya dan alamnya hingga produk kuliner yang dapat menjadi penunjang dan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Hanya tinggal bagaimana cara yang tepat untuk memaksimalkan ragam potensi pariwisata di Seruyan, sehingga menarik dan mampu bersaing dengan wisata yang ditawarkan daerah lain, baik yang ada di kabupaten tetangga ataupun luar provinsi.

Wakil II Diang Pariwisata Seruyan Lia Norvia menjelaskan, selain pembenahan berupa peningkatan infrastruktur penunjang di kawasan wisata, kegiatan promosi kepada masyarakat juga sangatlah penting.

"Kita harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi, melalui sosial media yang kini sangat ramai digunakan masyarakat, tentu sangatlah strategis jika menjadikannya sebagai sarana promosi wisata," ujarnya.

Selain itu pada sektor kuliner berupa makanan maupun produk kemasan seperti kerupuk pipih dan terasi khas Seruyan, juga harus dikembangkan untuk menunjang sektor pariwisata. Caranya adalah dengan membuat kemasan yang lebih rapi dan menarik, layaknya produk- produk makanan yang sudah dipasarkan di seluruh Indonesia.

Sektor wisata yang maju tentu ditunjang produk olahan maupun makanan khas daerah, hal ini dapat dilihat dari berbagai daerah wisata di Indonesia. Wisatawan yang berkunjung tentu ingin membawanya menjadi buah tangan untuk keluarga dan sahabat ketika kembali ke daerah asalnya.

Menanggapi keinginan dari Duta Pariwisata Seruyan, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan setempat Tunjarsyah mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi apabila mereka mau peduli dan bersedia menggerakkan kaum muda untuk ikut dalam pembangunan khususnya pada sektor pariwisata.

"Ini saya anggap sebagai keinginan langsung masyarakat yang diwakili oleh adik- adik tersebut untuk mensejajarkan pariwisata Seruyan dengan daerah lain," ungkapnya.

Pemerintah kabupaten pun terus berupaya agar anggaran yang berasal dari pemerintah pusat berupa Dana Alokasi Khusus dapat terus ditingkatkan, sehingga modal untuk pengembangan sektor pariwisata tidak hanya mengandalkan anggaran yang berasal dari dana APBD.

Masyarakat juga diminta berperan secara aktif, khususnya dalam upaya menciptakan kebersihan lingkungan, rasa aman dan nyaman serta mampu menyediakan kuliner sesuai dengan kearifan lokal, hingga pada akhirnya siap untuk memfasilitasi para tamu yang datang berkunjung.

Baca juga: Pemimpin baru Seruyan fokus tingkatkan infrastruktur

Pewarta :
Editor : Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar