Daging ayam di Sampit alami kenaikan harga

id daging ayam,ayam potong,pedagang sampit,Daging ayam di Sampit alami kenaikan harga

Daging ayam di Sampit alami kenaikan harga

Pedagang ayam potong. (Foto Antara Kalteng/Rini Andriani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Harga daging ayam potong di beberapa pasar tradisional di Sampit, ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, kini mencapai Rp40.000 per kilogram.

"Harga daging ayam potong naik dari sebelumnya, yakni dari Rp32.000/kg menjadi Rp40.000/kg atau mengalami kenaikan sebesar Rp8.000/kg," kata Ani warga Kecamatan Baamang, di Sampit, Senin.

Ani mengatakan, kenaikan harga daging ayam potong telah terjadi dalam sepekan terakhir. Belum diketahui secara pasti pemicu kenaikann harga tersebut.

"Kenaikan ini sudah pasti memberatkan kami sebagai pembeli. Namun mau tidak mau kami tetap mengikuti karena hampir di semua pasar sekarang harga daging ayam mengalami kenaikan," ucapnya menerangkan.

Ani mengatakan, berbeda dengan harga daging ayam yang mengalami kenaikan. Harga bawang merah justru mengalami penurunan.

"Semula harga bawang merah berkisar antara Rp30.000/kg hingga Rp35.000/kg, sekarang turun menjadi sekitar Rp15.000/kg," ungkapnya.

Sementara itu, sementara itu seorang pedagang daging ayam di pasar tradisonal Keramat Sampit yang biasa disama Drm mengaku kenaikan harga daging ayam memang terjadi dari pemasok.

"Kami membeli ayam dari pemasok di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Selain pasokannya berkurang, harganya juga naik," katanya menjelaskan.

Dr juga mengaku tidak mengetahui secara pasti pemicu kenaikan harga daging ayam tersebut, sebab pemasok sendiri tidak memberikan penjelasan secara rinci.

"Kami pedagang mengikuti, jika dari pemasok terjadi kenaikan maka kami juga akan menaikannya, sebab jika tidak tentunya kami akan merugi," ucapnya.

Dr juga mengatakan, meski terjadi kenaikan harga dan pengurangan pasokan, namun kebutuhan akan daging ayam di Sampit sampai saat ini masih mencukupi.

Sementara itu, berdasarkan isu dan informasi dari sejumlah peternak ayam, kenaikan harga daging ayam karena dipicu naiknya harga pakan untuk ternak tersebut.

Sedangkan pemicu naiknya harga pakan juga belum diketahui oleh perternak.