Pancasila acuan mencegah perpecahan, kata Bupati Supian Hadi

id Pancasila acuan mencegah perpecahan, kata Bupati Supian Hadi,Kotim,Sampit,Hari Kesaktian Pancasila

Pancasila acuan mencegah perpecahan, kata Bupati Supian Hadi

Bupati Kotim H Supian Hadi. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur H Supian Hadi menilai, Pancasila sangat tepat menjadi acuan bagi masyarakat untuk mencegah perpecahan, termasuk ketika meningkatnya suhu politik saat ini.

"Semua sila dalam Pancasila masih tepat untuk kita terapkan hingga saat ini. Makanya, penting bagi kita memaknai nilai-nilai Pancasila," kata Supian usai memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Sampit, Senin.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan saat yang tepat bagi anak bangsa untuk merenungi kondisi saat ini. Hal-hal kurang baik yang terjadi saat ini seperti mudahnya masyarakat terprovokasi, mencaci-maki dan tindakan negatif lainnya, harus segera dihentikan.

Rakyat Indonesia harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan karena menjadi modal utama sehingga membuat bangsa ini tetap kuat. Rakyat jangan mau diadu domba oleh siapa dan pihak manapun yang ingin mengganggu keutuhan bangsa ini.

Tidak tercuali menghadapi meningkatnya suhu politik menjelang Pemilu 2019 saat ini. Pencasila diharapkan menjadi acuan bersama dalam menjaga persatuan dan kesatuan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika, yakni meski berbeda-beda namun tetap bersatu.

Perbedaan pandangan politik jangan sampai menimbulkan permusuhan. Masyarakat diharapkan lebih dewasa dalam berpolitik sehingga pesta demokrasi dapat berjalan lancar, aman dan damai.

"Termasuk bagi kita di daerah, sangat penting menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Berbeda pandangan politik, jangan sampai membuat kita bermusuhan karena itu akan merugikan kita semua," tambah Supian.

Supian yakin masyarakat sudah mempunyai pilihan masing-masing dalam mendukung calon anggota legislatif maupun calon presiden dan wakil presiden. Perbedaan sikap politik itu tidak perlu diperdebatkan, apalagi sampai menimbulkan masalah.

Partai politik dan tim sukses juga diimbau melakukan cara-cara yang baik dan tidak melanggar aturan dalam upaya merebut simpatik pemilih. Jangan ada pemaksaan atau cara tidak benar dalam mencari dukungan masyarakat.

Supian mengimbau masyarakat Kotawaringin Timur selalu menjaga kerukunan, keamanan dan ketertiban. Keamanan menjadi faktor utama yang sangat berpengaruh terhadap jalannya pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat.